Seorang Warga Mamasa Terkena Peluru

Gambar Seorang Warga Mamasa Terkena Peluru

Mapos, Mamasa – Seorang warga di Kabupaten Mamasa terkena peluru milik anggota Satuan Lalulintas Polres Mamasa, Briptu Sabir.

Korban diketahui bernama Hendrik Wijaya (Ucok), driver di rujab Bupati Mamasa.

Korban kini dalam penanganan di RS Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat dan rencananya akan di rujuk ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari keterangan Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura menjelaskan, kejadian itu terjadi pada Rabu, 24 Juli 2019, pukul 12.45 WITA, di parkiran Rujab Bupati Mamasa.

Ia menceritakan, adapun kronologisnya, terjadi ledakan senjata api jenis revolver milik Briptu Muh. Sabir, Anggota Sat Lantas Polres Mamasa (Patwal Bupati Mamasa), dimana dari keterangan Briptu Sabir bahwa setelah melaksanakan tugas, ia (Sabir, red) kembali ke Rujab Mamasa hendak membuka pakaian dinas beserta senpinya dengan terlebih dahulu membuka amunisinya.

“Saat itu Sabir habis bertugas dan kembali ke Rujab Bupati dan hendak ke kamar kecil. Namun sebelumnya ia (Sabir, red) membuka pakaian dan melepaskan senjatannya dengan terlebih dahulu melepaskan amunisinya untuk diletakkan di meja dekat pintu dalam kamar. Namun, senpi belum sempat diletakkan tiba-tiba meledak dan mengenai Hendrik. Pada saat itu Hendrik sedang berdiri di garasi dekat pintu kamar. Hendrik pun berteriak bahwa dirinya terkena peluru,” terang Mashura, Kamis (25/7/2019).

Mashura melanjutkan, mendengar teriakan Hendrik, Sabir langsung memeluk korban dan membawanya keatas mobil Patwal Bupati untuk diberikan pertolongan pertama.

Dari keterangan driver Bupati Mamasa, Eko yang berada di RS Polewali sesaat menemani korban, bahwa pada saat kejadian ia (Eko, red) sedang berada di tempat parkir dan melihat Briptu Sabir yang tiba di rujab usai bertugas bermaksud hendak membuka pakaian dinasnya dan menyimpan senjatanya di meja dalam kamar.

Setelah Briptu Muh. Sabir hendak menyimpan senjatanya di meja, tiba-tiba ia (Eko, red) mendengar letusan senjata dan mendengar teriakan dari Hendrik bahwa dirinya terkena peluru, Briptu Sabir pun kemudian mendatangi Hendrik dan memeluknya serta membawanya ke RS Mamasa kemudian di rujuk ke RS Polewali.

Mashura mengatakan, dari kejadian itu, korban mengalami luka di ketiak kiri tembus ke punggung belakang.

“Kondisi korban saat ini dalam keadaan normal dan akan di rujuk ke RS Grestelina di Makassar,” jelas Mashura.

Mashura menambahkan, adapun langkah yang diambil, mengamanakan senpi, olah TKP dan melakukan interograsi/riksa terhadap saksi di TKP termasuk menghubungi pihak keluarga korban dan penggalangan kepada pihak yang terkait.

(usman)