Sejumlah Kader Partai NasDem di Mamuju Mundur, Ada Apa ?

Gambar Sejumlah Kader Partai NasDem di Mamuju Mundur, Ada Apa ?

Mapos, Mamuju – Sejumlah kader DPD Mamuju Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Mamuju, Sulawesi Barat dikabarkan mundur dari partai besutan Surya Paloh itu.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua Bappilu DPD Mamuju Lalu Syamsul Rijal yang juga turut mundur.

Menurutnya, pengunduran dirinya itu dibuktikan dengan pengembalian kartu tanda anggota (KTA) dan surat pernyataan pengunduran diri akan diserahkan ke kantor DPD Partai Nasdem dalam waktu dekat ini.

“Partai NasDem sudah tidak lagi memperjuangan aspirasi, restorasi, pembaharuan, dan partai anak muda,” kata mantan anggota DPRD Kabupaten Mamuju dua periode ini, ketika berbincang dengan mamujupos.com dikediamannya, Sabtu (23/6/2018).

Lalu menjelaskan, pengunduran dirinya dari Partai NasDem itu, bukan hanya menyerahkan KTA saja. Ia juga akan menyerahkan surat pengunduran diri dan segala atribut NasDem.

“Saya melakukan ini semua, karena sudah tidak lagi sejalan,” pungkasnya.

Lalu menambahkan, data itu masih bisa bertambah.

Lebih lanjut dia mengatakan, dirinya menyatakan mundur karena ketidakcocokannya dengan sikap elite Partai NasDem yang secara sepihak melakukan berbagai keputusan dan mencoret-coret nama bacaleg yang telah ditetapkan oleh DPD.

“Banyak keputusan partai yang tidak sesuai aturan partai NasDem,” tandasnya.

Menurutnya, pengunduran dirinya ini, dilakukan tanpa paksaan dan tekanan dari pihak mana pun.

Dia menjelaskan, untuk di DPD Mamuju, beberapa yang sudah menyatakan mengundurkan diri dan tidak lagi menjadi anggota Partai NasDem.

Lebih jauh Lalu menjelaskan, seluruh pengurus DPD mulai dari ketua, OKK, Bappilu itu sudah bekerja secara maksimal mulai dari rekrutmen pengurus sampai pada penyusunan Bacaleg. Namun dalam perjalanannya terjadi perubahan pada bacaleg yang telah kita susun untuk tingkat DPD Mamuju.

Hal ini diketahui setelah dirinya menanyakan kepada Ketua DPD Mamuju Malik Ballako dan betul telah terjadi perubahan pada bacaleg yang kita susun.

“Saya menanyakan kepada Ketua DPD Mamuju prihal perubahan itu, dan dikatakan perubahan itu dilakukan oleh DPW Sulbar secara sepihak. Padahal sebelum kami menentukan bacaleg, kami telah melakukan kajian yang konfrehensif,” terang Lalu.

Lalu menuturkan, ada beberapa kajian yang kita lakukan dalam penjaringan penetuan bacaleg, diantaranya tidak melupakan kader, secara signifikan kita merekrut para tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang memiliki andil besar di daerahnya tetapi setelah disetor ke DPW, faktanya lain, terjadi perubahan yang luar biasa. Inilah yang membuat kami di DPD seolah-olah tidak dianggap ada di NasDem.

“Inilah yang membuat saya mundur dari Partai NasDem,” ujarnya.

Sebelumnya, bacaleg yang disusun sudah kami presantasekan ke DPW. Sayangnya mereka yang di DPW tidak mendengar dan merubah semua susunan bacaleg-bacaleg.

“Dengan mundurnya saya, semoga Partai NasDem bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat maupun bacaleg yang diusung DPW. Karena saya menilai masyarakat Mamuju cerdas ,” pungkasnya.

Lalu memaparkan, mekanisme penjaringan bacaleg melalui DPD dan disampaikan ke DPW selanjutnya diteruskan ke DPP, tetapi apa yang kita hasilkan itu terjadi perubahan yang luarbiasa.

“Terus terang, saya masih ingat pada saat mengikuti pelatihan dan sosialisasi di hotel d’Maleo yang diadakan oleh DPW. Pada pelatihan itu urutan bacaleg 1 hingga 3 mengacu kepada hasil survey. Nah yang menjadi pertanyaan saya selama ini, katanya ada lembaga survey dari DPP karena sampai sekarang saya tidak mengetahui nama lembaga itu darimana maupun hasil surveynya. Saya menilai ini adalah akal-akalan saja,” sebut Lalu.

Perlu diketahui, sampai saat ini, tidak pernah ada pleno untuk tingkat DPD.

“Bagaimana mau rapat pleno, bila selalu ada perubahan. Munculnya tanda tangan ketua dan sekretaris, saya perjelas bahwa itu hanya sebatas administrasi saja,” beber Lalu.

“Sekali lagi saya sebut bahwa proses rekrutmen bacaleg itu sangat jauh dari semangat restorasi dan tidak mengutamakan kader,” lanjutnya.

Ketua Bappilu DPD Kabupaten Mamuju, Lalu Syamsul Rijal.

Berikut nama Kader Partai NasDem yang mengundurkan diri :

1. Ketua Bappilu DPD Mamuju, Lalu Syamsul Rijal
2. Ketua OKK, Dahlan
3. Soraya
4. Oktavianus
5. Dan lain-lain.

(usman)

Baca Juga