Sebanyak 616 Calon KPPS akan Direkrut di Kecamatan Banggae

Gambar Sebanyak 616 Calon KPPS akan Direkrut di Kecamatan Banggae

Mapos, Majene — Sedikitnya 616 Calon Petugas KPPS akan direkrut di Wilayah Kecamatan Banggae dalam Pilkada Bupati dan Wakll Bupati Kabupaten Majene 2020.

Anggota PPK Banggae Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih,Partisipasi Masyarakat Dan SDM, Muhammad Naim kepada wartawan, Minggu (4/10/2020), mengatakan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banggae akan menyeleksi Calon KPPS yang didasari oleh Surat KPU Kabupaten Majene, Nomor : 427/PP.04.2-Pu/7605/KPU-KAB/X/2020 Tentang Seleksi Calon  Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Majene Tahun 2020.

Katanya, Panitia Pemilihan Kecamatan Banggae akan merekrut 616 Petugas KPPS.

Ia menyebut, ratusan KPPS Akan disebar di 88 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 6 kelurahan dan 2 desa dalam wilayah se Kecamatan Banggae, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Majene Rabu,9 Desember 2020 mendatang.

“Adapun jumlah TPS tersebut, berbeda-beda disesuaikan dengan jumlah pemilih di kelurahan dan desa setempat. Untuk Kelurahan Banggae 14 TPS, Kelurahan Baru 12 TPS, Kelurahan Galung 6 TPS, Kelurahan Pangali-Ali 22 TPS, Kelurahan Rangas 14 TPS, Kelurahan Totoli 9 TPS, Desa Palipi Soreang 5 TPS dan Desa Pamboborang 6 TPS,” ungkap Naim.

Lebih jauh kata dia, saat ini masih berlangsung tahapan pengumuman penerimaan hasil seleksi Calon Anggota KPPS terhitung sejak tanggal 1 hingga 6 oktober 2020.

“Untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan penerimaan berkas dari calon anggota KPPS Pada tanggal 7 hingga 13 oktober 2020 sekaligus dilakukan penelitian kelengkapan berkas (Administrasi) di masing-masing tingkat PPS Kelurahan dan Desa,” ujar Muhammad Naim.

Untuk syarat usia Pendaftar calon KPPS Pada PILKADA tahun ini berbeda dengan Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019.

Untuk tahun ini kata Naim, usia minimal calon anggota KPPS ialah 20 tahun dan usia maksimal 50 tahun dibuktikan dengan KTP-EL.

“Syarat ini didasarkan pada ketentuan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang PILKADA di masa Pandemi COVID-19,” bebernya.

Selain batas usia yang menjadi syarat untuk menjadi anggota KPPS, lanjut naim, para calon juga akan dirapid test setelah dinyatakan lulus sebagai anggota KPPS yang sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Majene.

“Adapun jika didapatkan hasil RDT reaktif akan segera dilakukan pergantian,” ucap Naim.

Sedangkan kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi yaitu foto copy KTP-EL, surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba dari Puskesmas atau rumah sakit, foto copy ijazah sekolah menengah atas/sederajat  atau ijazah terakhir yang sudah dilegalisir  dan beberapa surat pernyataan sebagai calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Untuk informasi kelengkapan dokumen persyaratan calon anggota KPPS, para calon bisa menghubungi PPS di tingkat kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Banggae,” tutup Muhammad Naim.

(*)