RS Mitra Manakarra Disterilkan Selama Sepekan

Gambar RS Mitra Manakarra Disterilkan Selama Sepekan

Mapos, Mamuju – Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju menghentikan pelayanan kesehatan terhitung tanggal 7 Oktober 2020 hingga sepekan ke depan. Keputusan ini dinilai cukup berani dan satu-satunya rumah sakit di Sulbar yang melakukan sterilisasi.

Direktur RS. Mitra Manakarra dr. Nexriana, mengatakan, tujuan sterilisasi rumah sakit adalah untuk menjaga pelayanan dan kenyamanan kesehatan.

“Sebagai rumah sakit swasta, kami berani mengambil keputusan ini untuk pelayanan kesehatan yang maksimal dan kenyamanan semua pihak. Langkah ini pun sudah disetujui owner rumah sakit, setelah berdiskusi cukup panjang,” katanya, Rabu (07/10/2020).

Diungkapkan, sejak diketahui ada pasien positif covid, manajemen rumah sakit melakukan swab massal. Apalagi penyebaran virus ini cukup masif dan tidak diketahui asalnya.

“Dan ini swab yang 2 kali untuk seluruh karyawan, perawat maupun dokter. Ada 10 orang yang diketahui positif. Terdiri dari perawat, karyawan dan 2 orang dokter spesialis,” sebutnya.

Sample swab sudah dikirim ke Makassar dan biasanya akan diterima pekan depan. Karena itu, sembari menunggu hasil swab, RS Mitra Manakarra disterilkan dan akan dibuka lagi setelah ada hasil swab.

“Apa boleh buat kami mengambil resiko utk menghentikan sementara pelayanan kesehatan. Semua sample dikirim ke Makassar. Andai bagus alat swab di Sulbar, hanya butuh waktu 3 jam saja,” katanya.

Setelah ada hasil swab, manajemen rumah sakit masih akan melakukan seleksi. Artinya, petugas-petugas kesehatan yang dinyatakan sehat saja yang boleh kembali bekerja.

“Yang masih sakit, silahkan berobat dulu sampai sembuh. Semua punya kans utk OTG. Yang menentukan itu swab, bukan rapid,” kuncinya.

(*)

Baca Juga