PUPR Beri Hibah Air Minum Pedesaan ke 74 Kabupaten

0
38

Mapos, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberikan hibah air minum perdesaan sebesar Rp 128,8 miliar ke 74 kabupaten pada tahun ini. Adapun dana hibah tersebut berasal dari APBN.

Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian PUPR, M Sundoro mengatakan, program hibah itu diharapkan dapat menyambungkan 64.420 rumah dengan air bersih layak minum, baik melalui jaringan pipa maupun bukan jaringan pipa terlindungi.

“Kabupaten penerima sudah ditetapkan dalam SPPH (Surat Penetapan Pemberian Hibah), nantinya kabupaten yang menjalankan program,” ucapnya, Sabtu (28/4/2018), dikutip dari Kumparan.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dia menjelaskan untuk mendapatkan hibah itu, pemerintah daerah harus memiliki track record yang baik dalam menjalankan Pansimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), program pemerintah yang juga bertujuan meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi layak.

“Hibah ini dengan program Pansimas berbeda, kita memberikan bantuan ini untuk memperluas akses layanan air minum di perdesaan, khususnya MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah),” paparnya.

Sundoro menyampaikan dalam program ini, perangkat daerah akan diminta untuk menjamin pemasangan sambungan rumah sesuai dengan target dan waktu yang ditentukan, serta memastikan pembangunan sarana dan prasarana sesuai standar teknis.

“Kami mengharapkan dukungan dari masing-masing instansi pelaksana di daerah, supaya program ini bisa mengoptimalkan pelayanan bidang air minum bagi masyarakat,” katanya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.