Polisi Damaikan Pertikaian Dua Kelompok Pemuda di Karossa

Gambar Polisi Damaikan Pertikaian Dua Kelompok Pemuda di Karossa

Mapos, Mateng – Dua kelompok yang bertikai di Kecamatan Karossa sudah didamaikan. Proses perdamaiannya berlangsung aman dan lancar.

Dua kelompok pemuda itu di pertemuan di Aula Kantor Desa Tasokko, Dusun Tomemba Selatan, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Dimediasi oleh Bktm Desa Kambunong dan Tasokko Sektor Rural Karossa Brigpol Iswandi Akhmad.

Pertikaian yang terjadi di Karossa semalam melibatkan kelompok dari Gilang dan kelompok Ambi. Kendati tidak ada korban jiwa, namun pertikaian tersebut cukup meresahkan warga sekitar.

Mediasi dihadiri oleh masing-masing orang tua yang bertikai didamping guru dan Kepala Desa Tasokko. Proses mediasi pun atas permintaan dari orang tua yang bertikai dan guru.

BKTM Desa Kambunong dan Tasokko Sektor Rural Karossa Brigpol Iswandi Akhmad berharap, setelah dilakukan mediasi, pertikaian itu tidak terulang lagi.

Dia juga mengimbau, agar peran dari masing-masing orang tua dan guru lebih aktif lagi dalam mendidik anak-anak mereka agar tidak berdampak buruk di kemudian hari.

“Mereka ini adalah generasi penerus, seyogyanya peran orang tua dan guru dibutuhkan dalam mendidik mereka,” ucapnya, Sabtu (2/3/2029).

Sementara itu, Kapolsek Karossa, Iptu Mukhtar Mahdi menjelaskan, perdamaian ini dilakukan karena mereka semua adalah para pelajar dan masih bawah umur.

Mukhtar berharap, setelah perdamaian ini tidak ada lagi pertikaian ke depannya.

“Saya sangat mengharapkan adanya perdamaian di antara dua kelompok ini yang berselisih paham. Kalau bukan kita yang menyelesaikan masalah kita sendiri siapa lagi,” papar Mukhtar.

“Saya juga sangat berharap dengan perdamaian ini tidak akan ada lagi dendam ke depannya,” sambungnya.

Di akhir pertemuan, BKTM membacakan hasil mediasi dan perjanjian damai yang telah disepakati bersama. Setelah dibacakan, kedua belah pihak menandatangani perjanjian damai tersebut. Dan kembali BKTM mengimbau kepada para orang tua dan guru untuk menjaga anak-anak mereka agar di kemudian hari tidak bermusuhan lagi.

Sebelumnya, jajaran anggota Polsek Karossa berhasil menggagalkan perkelahian berkelanjutan antar kelompok pemuda di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Jumat (1/3/2019), pukul 21.00 Wita.

Sebanyak sembilan orang pemuda diamankan. Dari pemeriksaan diketahui, delapan orang adalah pelajar dan seorang pemuda bukan pelajar.

Polisi juga mengamankan sebuah kayu yang telah diruncingkan berbentuk senjata tajam.

(usman)

Baca Juga