Polisi Ciduk Pencuri Uang Staf KPK di Hotel d’Maleo

0
102

Mapos, Mamuju – Team Phyton Polres Metro Mamuju berhasil mengamankan pelaku pencurian di jalan Martadinata Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju. Polisi juga menyita barang bukti uang sebanyak Rp5,6 juta.

Polisi Ciduk Pencuri uang staf KPK di Hotel d’Maleo.

Pelaku adalah IR (23), salah satu karyawan Hotel D’Maleo bertugas sebagai cleaning service dan juga warga Simbuang, Kecamatan Simboro.

Kapolres Metro Mamuju, AKBP Moh. Rivai Arvan yang dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan adanya kejadian pencurian di salah satu ruangan hotel d’maleo dengan korban staf KPK.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

“Kurang dari 1×24 tersangka IR diamankan oleh tim phyton,” kata Rivai.

Rivai mengatakan, setelah laporan diterima, langsung saya perintahkan tim python untuk segera lakukan penyelidikan dan kasus ini menjadi atensi karena korbannya adalah salah satu rombongan KPK yang berkunjung ke Sulbar.

Rivai mengatakan, pencurian terjadi di hotel d’Maleo room walet lantai 2 saat kegiatan KPK pada tanggal 14 Maret 2018 sekitar pukul 17.30 Wita.

Rivai menceritakan, saat peserta rapat istirahat dan meninggalkan ruangan, pelaku masuk kedalam ruangan walet hendak membersihkan ruangan dan melihat tas yang terletak di lantai ruangan milik Anjar.

TKP Penyimpanan uang hasil curian.

Pelaku kemudian membuka tas korban yang juga pegawai KPK dan mengambil uang tunai sebesar Rp5,6 juta.

Usai beraksi, pelaku meninggalkan ruangan walet menuju ke rumahnya di jalan Martadinata Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

“Uang itu di sembunyikan di rumahnya,” tutur Rivai. Jumat (16/3/2018).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Mamuju AKP. Jamaluddin, menyebutkan, penangkapan itu berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/120/III/2018/SPKT, tanggal 15 Maret 2018.

“Tim phyton dan piket reskrim telah mengamankan IR di Jl. Martadinata Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro Mamuju. Pelaku diduga telah melakukan tindak pidana pencurian uang milik staf KPK, Anjar, sebesar Rp5,6 juta di Hotel d’ Maleo. Pelapor adalah salah seorang rombongan tim KPK yang sedang berkunjung ke Sulbar,” tuturnya.

Ditambahkan, saat penangkapan tidak ada perlawanan dari pelaku. Meski sebelumnya ada upaya untuk melarikan diri.

“Pelaku ditangkap sekitar pukul 03.00 Wita dini hari. Dan langsung dibawa Ke Mapolres Metro Mamuju. Awalnya tidak mengakui perbuatannya, tapi setelah diperiksa, dia pun mengaku. Tim kemudian kembali ke rumah pelaku untuk mengambil barang bukti,” ungkap Jamal.

Diakui pengungkapan kasus ini cepat dan sedikit sulit, sebab jejak di TKP sudah tidak utuh. Namun upaya penyidikan membuahkan hasil saat pelaku langsung menghilang setelah pemeriksaan.

“Sejak olah TKP kami sudah melihat respon pelaku yang gugup. Berbeda dengan yang lain. Ditambah lagi dia tiba-tiba menghilang setelah pemeriksaan. Kami pun langsung bergerak mengumpulkan data dan menangkap pelaku,” katanya.

IR dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian subsideir pasal 362 ancaman 5 tahun.

(usman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.