Polda Sulbar Jamin Pengamanan di Pemilu 2019

Gambar Polda Sulbar Jamin Pengamanan di Pemilu 2019

Mapos, Mamuju – Demi mensukseskan Pemilu 2019, Polda Sulbar terus memberikan penekanan terhadap personilnys agar bertugas secara maksimal dan tetap menjaga netralitas.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura meneruskan penyampaian dari Karo Ops Kombes Pol Moch. Noor Subchan saat apel pagi di Mapolda Sulbar, Jalan Aiptu Nurman, Mamuju, Sulbar.

Menurutnya, penekanan ini tentu menjadi fokus perhatian selaku pihak pengamanan hingga Pemilu 2019 bisa berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Ia menekankan bagi seluruh personil yang di standbykan harus betul-betul memaksimalkan perannya membeck up rekan-rekannya yang melakukan pengamanan di TPS.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan patroli menyambangi masyarakat untuk memberikan rasa aman hingga pada puncak pemilihan sehingga masyarakat merasa aman dan terlindungi saat berpartisipasi menyuarakan pilihannya di TPS,” jelasnya, Senin (25/4/2019).

Untuk itu, pihaknya menyampaikan kepada seluruh personil yang berada di lapangan agar betul-betul memahami tugasnya masing-masing.

Baca juga: Wujudkan Pemilu Damai Melalui Doa Bersama

Ia juga mengimbau agar para personil jangan terpancing, bekerjalah secara profesional.

“Ingat tugas kita hanya menjaga dan memastikan keamanan di TPS, kalau persoalan yang muncul pelanggaran di TPS maka yang berhak melakukan tindakan adalah Bawaslu, kecuali dari pihak KPPS atau Bawaslu sendiri meminta langsung bantuan kepada pihak kepolisian, jangan sampai melakukan tindakan Kepolisian saat berada di TPS,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan Peraturan KPU, pemungutan dan penghitungan suara disepakati tutup pada pukul 13.00 Wita.

“Aturan ini jelas, namun jika jika masih ada pemilih yang sudah terdaftar sebelumnya dan masih tersedia surat suara maka bisa dilanjutkan dan jika surat suara di TPS sudah habis, sedangkan pemilih sudah terdaftar maka KPPS bisa memindahkan ke TPS terdekat. Ini harus kita pahami sehingga tidak menjadi permasalahan di lapangan,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan, di masa tenang sekarang ini, jangan sampai lengah, maksimalkan kerja dan yang terpenting jangan celometan, diam saja dan bicara seperlunya demi menjaga stabilitas kamtibmas.

Mashura menambahkan, persiapan pada puncak pemilihan telah dipermantap, untuk itu diharapkan partisipasi seluruh pihak agar pesta demokrasi ini berlangsung aman, damai dan sejuk.

(usman)

Baca Juga