Polda Sulbar Berduka, Atas Wafatnya Mantan Kapolri, Awaloedin Djamin

Gambar Polda Sulbar Berduka, Atas Wafatnya Mantan Kapolri, Awaloedin Djamin

Mapos, Mamuju – Kepolisian Daerah Sulawesi Barat turut merasakan kesedihan setelah mendengar kabar bahwa mantan Kapolri ke-8 tahun 1978-1982, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., Ph.D. berpulang ke Rahmatullah.

Kapolda Sulbar Brigjen. Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si mengatakan prihatin dan turut berduka atas meninggalnya Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., Ph.D. yang tidak lain adalah mantan Kapolri ke 8.

“Atas nama pribadi dan Institusi Kepolisian Polda Sulbar, kami mengucapkan rasa berbelasungkawa dan duka cita atas berpulangnya orang tua kami sekaligus Kapolri ke 8, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., Ph.D. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah Subuhanahu Wataalah, Aamin,” kata Kapolda.

Selain shalat ghaib, Polda Sulbar beserta Polres dan Polsek jajarannya juga melaksanakan pengibaran bendera setengah tiang sebagai tanda penghargaan jasa dan duka cita Kepolisian di seluruh tanah air.

Sebelumnya, Awaluddin Djamin merupakan Tribrata 1 era Presiden ke-2 RI Soeharto. Dia menjabat orang nomor satu di Korps Bhayangkara menggantikan Widodo Budidarmo, dengan masa jabatan 26 September 1978 hingga 3 Desember 1982.

Awaluddin menghembuskan nafas terakhir usai menjalani perawatan di RS Medistra, Jakarta.

Jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019), dengan Inspektur Upacara Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

(usman)