Polda Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Alam

Gambar Polda Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Alam

Mapos, Mamuju – Guna menanggulangi ancaman bencana alam di wilayah seperti banjir, longsor, angin kencang dan sebagainya, Kapolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi terkait.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Aula Aya Guna Mapolda ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar bersama Sekda Provinsi, Ketua DPRD Provinsi, Danrem 142 Tatag, Ketua BPBD, Ketua Basarnas serta dihadiri oleh para Pejabat Utama, Instansi terkait, para media dan seluruh personil Polda Sulbar maupun jajaran yang dilibatkan, Kamis (9/1/20).

Kegiatan rakor ini mengangkat tema ‘Dengan rapat koordinasi kita tingkatkan sinergitas Pemerintah Provinsi, TNI dan Polri beserta jajaran dalam rangka kesiap siahaan penanggulangan bencana di Wilayah Provinsi Sulbar’.

Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengharapkan dalam rapat koordinasi ini adanya masukan informasi dari seluruh peserta rapat yang bisa dijadikan acuan dalam mengambil langkah. Khususnya oleh leading sektor penanggulangan bencana alam di wilayah Sulbar tahun 2020.

Disamping itu, lanjutnya, perlu dipedomani penekanan Presiden RI pada rapat terbatas yang membahas bencana alam, tanggal 3 januari 2020 sebagai berikut :

  1. Leading sektor penanggulangan bencana oleh BNPB di tingkat pusat dan BPBD di tingkat wilayah;
  2. Institusi tingkat pusat yang terlibatkan dalam menangani bencana yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Polri, TNI, Basarnas dan BMKG serta di tingkat wilayah menyesuaikan;
  3. Seluruh instansi baik tingkat pusat dan wilayah mempunyai peran dalam penanganan bencana;
  4. Jalin sinergitas yang baik antar lembaga negara dalam penanganan bencana.

Berdasarkan perkiraan cuaca badan metereologi, klimatologi dan geofisika secara nasional, puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2020. Sehingga perlu adanya kesiapsiagaan, keterpaduan dan koordinasi yang baik dari seluruh pihak dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Sulbar.

“mulai dari saat siaga darurat bencana, saat terjadi kejadian bencana dan pasca bencana,” tutur Kapolda.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala BMKG sulbar yang selama ini telah memberikan informasi prakiraan cuaca setiap saat melalui grup Whatshap Info BMKG Sulbar.

“Mudah-mudahan BMKG bisa menyajikan informasi perkiraan cuaca yang dapat dengan mudah diakses oleh seluruh masyarakat Sulbar. Kepada Kepala BPBD Sulbar selaku leading sektor penanganan bencana agar bisa menginisiasi kelanjutan rapat koordinasi ini dengan mengadakan kegiatan terkait penanggulangan bencana di wilayah Sulbar dalam bentuk apel siaga bencana yang didahului dengan pelatihan gabungan seluruh instansi terkait,” katanya.

“Kita harus yakin bahwa dengan niat yang tulus untuk hadir tentunya akan bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi seluruh peserta rakor dalam rangka merumuskan permasalahan bencana alam di Sulbar sebagai upaya antisipasi.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura menjelaskan kegiatan ini adalah upaya dan kepedulian bersama menjaga keamanan, keselamatan seluruh masyarakat di Sulbar dalam menyikapi ancaman bencana.

(*)

Baca Juga