Pesta Daging Kurban, Warga Di Sukabumi Keracunan Massal

 

Ilustrasi Daging Kurban

Ilustrasi Daging Kurban

Mapos. Jakarta – Puluhan warga Kampung Pasir Tengah dan Benteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat harus dilarikan ke rumah sakit dan Puskesmas Cicurug karena diduga keracunan saat tengah pesta satai daging kurban. Diduga mereka keracunan bumbu satai daging kambing kurban.

“Dari hasil pemeriksaan ke lokasi korban merasakan mual-mual, mencret, pusing bahkan ada yang muntah. Para korban sudah dibawa ke puskesmas dan ada juga yang dirujuk ke rumah sakit,” kata Kepala Puskesmas Cicurug Dokter Tedi di Sukabumi, Sabtu (2/9) dilansir Antara.

Informasi yang dihimpun, sebelum terjadinya keracunan masal di dua kampung di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug pada Jumat (1/9) sekitar pukul 16.00 WIB ini, warga Kampung Pasir Tengah RT 04/03 dan Benteng RT 05/05 menerima daging kurban. Mereka kemudian beramai-ramai membuat dan membakar satai yang sudah diolah dari daging kurban tersebut.

Namun, setelah menyantap satai yang dilumuri bumbu tersebut, sekitar pukul 22.00 WIB puluhan warga yang menyantap sate tersebut merasa mual, pusing hingga ada yang muntah.

Kemudian, Sabtu (2/9) sekitar pukul 07.00 WIB, warga berinisiatif berobat ke Puskesmas Cicurug. Namun karena jumlah warga yang keracunan mencapai 26 orang, pihak puskesmas langsung mengerahkan ambulan dan melakukan pemeriksaan serta mengambil sampel satai dan bumbunya.

Diduga keracunan masal ini disebabkan oleh bumbu satai yang tidak higienis. Dari 26 orang yang keracunan, empat korban lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Betha Medicare (BMC) karena kondisi yang lemah. Sisanya dirawat di puskesmas dan sebagian sudah ada yang pulih.

(*)

(Sumber : cnn indonesia)