Persaingan Para Pembisik

FB_IMG_1500122496813

Oleh : Muh. Sudirman Al Bukhori (Wapemred Mamujupos.com)

Mapos, SEJUMLAH masyarakat pro demokrasi yang berada di luar pemerintahan, melihat fenomena retaknya hubungan Gubernur Sulawesi Barat (Bapak Ali Baal Masdar) dan Wakilnya (Ibu Enny Anggraeni Anwar), lebih disebabkan oleh pengaruh para pembisik yang kini berada di lingkaran dalam kekuasaan.

Di barisan ABM dan Enny, Mereka semua adalah orang-orang yang berada dalam lingkaran kekuasaan kedua kubu, dan bukan dari jajaran pemerintah.

Namun, persaingan para pembisik yang sangat mempengaruhi kebijakan yang diambil, terkait kelompok masyarakat penerima bantuan, termasuk penentuan kabinet dan mitra-mitra pemerintah dalam membantu proses pembangunan, contohnya kontraktor, konsultan dan lembaga-lembaga swadaya lainnya.

Sehingga, tak heran jika segala urusan terkait proyek pembangunan, dana bantuan, hingga mutasi pejabat, tak bisa dilepaskan hubungannya dengan orang-orang di lingkaran dalam kedua kubu tersebut.

Rekomendasi Gubernur atau Wakil Gubernur dirumuskan oleh orang-orang tersebut. Pertimbangan yang diberikan dari pejabat terkait di pemerintahan, hanya sebagai pelengkap saja. Sehingga hal-hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Seperti mengangkat orang yang sudah terdakwa (mantan napi) untuk satu jabatan, bisa terjadi dan kadang membuat malu suatu pemerintahan.

Berbagai peristiwa pecah kongsi yang terjadi dapat dilihat. Ini menggambarkan keretakan hubungan antara keduanya.

Karena ini persoalan internal mereka, kita hanya berharap persaingan kedua kubu ini tidak mengorbankan rakyat. Karena pengaruh yang ada pada mereka saat ini, berpotensi membelokkan kebijakan pro-rakyat yang sudah diputuskan di tingkat pemerintahan, menjadi kebijakan yang hanya menguntungkan kelompok tertentu saja.

Kami selaku masyarakat Mamuju, khususnya Sulawesi Barat yang bermalaqbi, mengingkan dan berharap semoga hal-hal di internal kedua kubu tidak mengorbankan kebutuhan rakyat kecil sesuai Visi dan Misi keduanya pada saat akan maju menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat.

Ini harapan terbesar rakyat jelata yang cinta akan daerahnya.

Kami berharap semoga di pemerintahan ABM dan Enny dapat memajukkan provinsi yang kita cintai bersama.

Semoga pecah kongsi ini hanyalah cerita isu para burung-burung camar.

Mamuju, 22 September 2017

 

(*)