Pentingnya Pendataan di Desa Dalam Menetukan Arah Pembangunan

Gambar Pentingnya Pendataan di Desa Dalam Menetukan Arah Pembangunan

Mapos, Mamuju – Pemerintah mempunyai komitmen kuat untuk terus melakukan pembangunan desa di semua aspek kehidupan secara berkelanjutan. Upaya ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak baik secara langsung dan tidak langsung terkait isu-isu yang ada di desa.

Beberapa isu tersebut antara lain menyangkut aspek pengembangan ekonomi lokal, ketahanan pangan, pengembangan energi terbarukan, pendidikan, partisipasi masyarakat serta prmanfaatan teknologi.

Demikiann yang disampaikan Friedrich Ebert Stiftung (FES), Mia Manurung saat menggelar pelatihan dan lokakarya pembangunan desa berbasis data mewujudkan desa yang inovatif, unggul dan berkelanjutan bekerjasama dengan Kemenko PMK, Pemerintah Kabupaten Mamuju, Swadaya Mitra Bangsa Yasmib, dan Universitas Khatolik Parahyangan (UNPAR). Acara tersebut dilaksanakan di Grand Maleo Hotel, selama dua hari (30-31 Juli 2019).

Ia mengatakan, pembangunan desa pada dasarnya juga harus mempertimbangkan berbagai potensi yang terdapat di desa tersebut, baik yang menyangkut potensi manusia dan non manusia yang dalam hal ini berbagai kekayaan alam, seperti pertanian, perhutanan, perikanan, kelautan, keindahan alam, peternakan dan sebagainya.

“Potensi yang ada akan menjadi kekuatan yang dapat menopang keberlanjutan desa ketika pemerintah bersama masyarakat desa memberi perhatian dan mengelola potensi yang bisa diunggulkan,” ucapnya, Selasa 30/7/219).

Mia menuturkan adapun tujuannya, umtuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak, baik ditingkat kabupaten dan desauntuk melakukan pendataan atas berbagai isu dan potensi yang terdapat di desa sehingga bisa menjadi dasar dalam menentukan perencanaan pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan dari waktu ke waktu.

Sementara itu, Director Yasmib Rosniaty Azis menjelaskan, adanya peran sari semua dalam meningkatkan potensi desa.

Menurutnya, untuk mengetahui potensi yang dimiliki desa, langkah yang harus ditempuh adalah dengan melakukan pendataan terkait dengan berbagai isu dan potensi di desa.

“Dengan memiliki data desa, maka pemerintah maupun masyarakat akan dapat menentukan proritas pembangunan yang dilakukan secara bertahap sesuai dengam peta jalan (road map),” sebutnya.

Ia menambahkan, dengan berbasis pada pendataan inilah maka pembangunan yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

(usman)

Baca Juga