Pemprov Sulbar Bangkitkan Pariwisata di Pulau Karampuang

Mapos, Mamuju — Launching Plaza Pulau Karampuang menjadi upaya Pemprov Sulbar membangkitkan kepariwisataan serta perekonomian di Pulau Karampuang, Sulbar khususnya.

Launching ditandai dengan pemukulan gendang sekaligus penandatanganan prasasti oleh Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi dan jajaran Forkopimda Sulbar, Senin 1 Mei 2023.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan , apa yang dilakukan merupakan bentuk kecil yang dapat dilakukan Pemerintah Provinsi Sulbar. Selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Mamuju.

“Ini hanya permulaan, selanjutnya akan ditangani Bupati Mamuju, apalagi Pulau Karampuang sebagai destinasi yang menjadi pilihan sebab indah sekali dan masyarakat ramah,” ucap Akmal.

Keberhasilan pembangunan plaza Karampuang juga berkat dukungan dari TNI KOREM 142 yang dapat menyelesaikan pembangunan dalam waktu 39 hari.

“Saya juga berterimakasih karena di Pulau Karampuang ini juga di bangun Tugu Karampuang, termasuk 12 unit kios UMKM.
Segera ditempati. Warga yang dulu punya warung disini kita prioritaskan, dan diberikan gratis,” ucap Ditjen Otda itu

Pemprov pun berencana akan akan melaksanakan even bulanan, sebagai pemantik untuk terus menggairahkan pariwisata yang ada.

Ia pun sudah minta Dinas Pariwisata untuk berkoordinasi bersama seluruh dinas di Kabupaten untuk melaksanakan even di Pulau Karampuang

Akmal mengatakan, wisata tersebut akan mentriger perekonomian yang ada di Pulau, termasuk ketersediaan listrik dan pengelolaan sampah.

“Ini adalah kolaborasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi, Kita ingin spot ini bisa memberikan contoh untuk bagaimana mentriger sektor lain di Sulbar,” ucapnya.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku bahagia karena pulau Karampuang kini kembali ramai dikunjungi.

“Ini semua atas inisiasi Pj Gubernur membangun Pulau Karampuang, pemkab juga ada aset disini kami serahkan tanah Pemkab ke Pemprov Sulbar ini adalah kolaborasi yang baik dan bisa kita nikmati bersama,” ucap Sutinah.

Ia berharap apa yang dibangun dapat dimanfaatkan masyarakat Karampuang.
Apalagi dengan adanya Palaza Karampuang dapat meningkatkan perekonomian dan membantu para pelaku UMKM.

Dalam festival Karampuang tersebut juga dirangkaikan sejumlah kegiatan seperti festival dayung, jambore wisata bahari, tour sepeda Karampuang, fashion show, pameran UMKM dan kegiatan lain

(*)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...