Pemkab Mamasa Launching Portal e-Tondokku

Gambar Pemkab Mamasa Launching Portal e-Tondokku

Mamasa, Mapos — Upaya mengimplementasikan undang-undang layanan publik, yakni undang-undang keterbukaan informasi pupblik dan undang-undang ITE, Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat menggelar launching portal e-Tondokku, dalam apel bersama senin, (16/12/2019), di halaman kantor Bupati Mamasa

Portal e-Tondokku merupakan aplikasi untuk mengakses seluruh informasi penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Mamasa dengan sistem online, yang digagas oleh Sekretariat Daerah Ardiansyah, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Mamasa.

Peresmian dilakukan oleh Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda didampingi Sekretaris Daerah Ardiansyah dihadapan ratusan pejabat pemerintahan lingkup Pemkab Mamasa.

Melalui Portal ini Pemerintah Daerah dapat menyampaikan seluruh informasi penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat sehingha mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mencari informasi dari segala aplikasi yang disimpulkan dalam satu portal e-Tondokku.

Sekretaris Daerah Ardiansyah menjelaskan, saat ini masyarakat dihadapkan pada era teknologi informasi, sehingga, pelayanan pemerintahan sebisa mungkin berbasis teknologi informasi.

walaupun diakui, akses informasi di Mamasa belum terlalu luas, namun setidaknya bisa mempersempit jangkauan masyarakat yang begitu luas dengan penggunaan teknologi informasi.

“Portal e-Tondokku hakikaynya adalah rumah bagi deluruh aplikasi dan pusat informasi yang ada di Kabupaten Mamasa. Ini tujuannya agar masyarakat bisa memperoleh informasi melalui portal e-Tondokku,” ungkap Ardiansyah

Adapun aplikasi yang terkoneksi di portal ini yaitu aplikasi simpda perencanaan, simda aset, aplikasi persediaan, pelaporan DAK, dan Krisna untuk perencanaan DAK

Di dalam portal itu juga menyediakan layanan pengaduan dari masyarakat terkait persoalan pelayanan publik, paristiwa maupun laporan kejadian bencana.

“Misalnya ada longsor, maka masyarakat bisa melaporkan melalui android,” ungkap Ardiansyah.

Portal e-Tondokku mulai bisa diakses pada Januari 2020 yang akan datang. melalui portal itu, Ardiansyah berharap pelayanan terhadap masyarakat dapat semakin mudah dilakukan.

(anis)

Baca Juga