Pemkab Majene Telah Salurkan BLT kepada Warga Sebanyak 14.661 KK

  • 15 Mei 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 238
Gambar Pemkab Majene Telah Salurkan BLT kepada Warga Sebanyak 14.661 KK

Mapos, Majene — Sedikitnya 14.661 KK warga Kabupaten Majene telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber dana APBD TA 2020 pada hari terakhir penyaluran, Kamis (14/05/2020).

Dirilis Kasubag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene, Sufyan Ilbas, sekitar 8.179 KK telah menerima BLT sumber dana APBD TA 2020 ditambah 6.482 KK lainnya yang disubsidi ke Dana Desa yang juga merupakan sumber pembiayaannya berasal dari APBD Kabupaten Majene TA 2020, sehingga total keseluruhan penerima 14.661 KK.

Dikatakan, jika dirupiahkan, pemerintah telah menggelontorkan dana mencapai Rp8.796.600.000,- dan akan disalurkan setiap bulannya hingga Juni 2020 mendatang.

“BLT yang dibagikan akan berlangsung selama 3 bulan berturut turut, walau dalam penyalurannya tentu akan menemui berbagai kendala dan rintangan, misal masih adanya warga yang layak mendapatkan namun tidak terdata atau sebaliknya yang tidak layak terima tapi terdata dan data ganda,” kata Bupati Majene Fahmi seperti ditirukan Sufyan Ilbas.

“Serta adanya contoh kasus di Kelurahan Pangali Ali. Dimana ada warga yang ikut antri namun tidak dipanggil untuk terima, ternyata ada orang lain yang isi daftar hadirnya. Inilah yang harus menjadi perhatian serius dari para petugas di lapangan, perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam menyalurkan BLT,” tambahnya.

Bupati Fahmi juga berharap kepada para warga yang belum terdata atau terkendala dalam pengambilan BLT, supaya jangan melapor ke medsos.

“Silakan langsung temui aparat setempat, mulai tingkatan Kaling sampai ke kelurahan atau desa. Selanjutnya, merekalah yang akan meneruskan ketingkat kabupaten dalam hal ini Dinas Sosial Majene selaku leading sektor. Karena bila melapornya lewat medsos tentu susah mencari jalan keluarnya,” kata Fahmi Massiara.

Ia berharap agar semua warga dapat proaktif melaporkan dirinya.

“Dan kepada para petugas pendata dan bertugas di lapangan agar tetap profesional dalam bertugas,” harap Fahmi.

Bupati Fahmi turut menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah terlibat langsung atau tidak langsung dalam pembagian BLT.

“Mulai dari tim 5 kabupaten yang terbentuk terdiri dari Forkopimda, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Sekda dan Pimpinan OPD, Para Camat, Para Kepala PKM dan Petugasnya, Para Lurah dan Kades beserta jajarannya, para petugas dari Dinas Sosial dan warga yang langsung berperan di lapangan, Para Kepala Lingkungan dan yang tak kalah penting Terima Kasih kepada petugas keamanan jajaran TNI – Polri, Pol. PP dan Dinas Perhubungan yang sepanjang pelaksanaan pembagian BLT senantiasa berlangsung lancar dan tak ada kendala keamanan berarti. Itu karena kehadiran para petugas keamanan disemua titik pembagian BLT,” ungkap Fahmi Massiara.

Tak lupa Ia berterima kasih kepada para insan pers yang selalu memberitakan penyaluran BLT.

(*)