Pemkab Majene Peroleh 5 Kali Opini WTP

  • 22 Jun 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 387
Gambar Pemkab Majene Peroleh 5 Kali Opini WTP

Mapos, Majene — Prestasi demi prestasi sukses diukir Pemerintah Kabupaten Majene dalam penataan laporan keuangan daerah.

Menurut data terungkap, raihan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) laporan mempertanggunjawabkan penggunaan keuangan negara diukir oleh Pemkab Majene sejak 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Acara serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilaksanakan secara daring atau online dengan pihak BPK RI Perwakilan Sulawesi Barat di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Senin (22/06/2020).

Oleh BPK RI Perwakilan Sulbar menilai, Kabupaten Majene dibawah pemerintahan Fahmi Massiara-Lukman, opini WTP LKPD diraih Majene lima kali berturut-turut karena penerapan pengendalian internal yang bagus.

Bupati Majene, Fahmi Massiara dalam sambutannya mengatakan, pemeriksaan BPK atas LKPD Majene Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan dengan menunjuk auditor dari Kantor Akuntan Publik Berkualifikasi.

“Ini mengisyaratkan spirit dari jajaran BPK perwakilan Sulawesi Barat agar kinerja pengelolaan keuangan di wilayah Sulawesi Barat dan secara khusus di Kabupaten Majene yang kita cintai ini dapat didorong untuk lebih baik dan selangkah lebih progresif,” akunya.

Selaku pimpinan daerah kata Fahmi, dirinya sangat bersyukur karena Kabupaten Majene dapat dipercaya sebagai entitas pertama di Sulawesi Barat diperiksa oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

“Tentunya, kami berharap pemeriksaan yang melibatkan KAP ini bisa menambah referensi dan pengalaman baru bagi jajaran pengelola keuangan daerah untuk terus berbenah dan meningkatkan kapasitasnya agar tetap dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara kompeten dan produktif,” katanya.

Lebih jauh kata dia, pihaknya menangkap sinyal bahwa capaian Opini WTP dari BPK tidak boleh menciptakan zona nyaman bagi aparatur pengelola keuangan di daerah.

“Selaku abdi negara, kita harus tetap konsisten untuk terus-menerus secara kolektif dan simultan meningkatkan kinerja mengikuti perkembangan regulasi dan isu strategis lainnya yang mengemuka di ruang publik,” sebut Fahmi Massiara.

“Saya harapkan ini menjadi catatan serius kepada seluruh aparatur utamanya kepala SKPD agar lebih memiliki kepekaan terhadap temuan pemeriksaan yang telah dituangkan dalam LHP-BPK,” tambahnya.

Dia yakin pihaknya akan segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut dengan tegas, responsif dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Selaku pimpinan daerah, kami mewakili seluruh pemangku kepentingan, baik DPRD maupun masyarakat Kabupaten Majene mengucapkan syukur alhamdulillah atas raihan Opini WTP dari BPK ini yang telah diperoleh secara berturut-turut sebanyak 5 kali dalam masa kepemimpinan kami,” ungkapnya.

Tak lupa Ia mengapresiasi atas kinerja aparatur pengelolah keuangan di SKPD maupun ditingkat kabupaten semisal BKAD.

“Dan melalui momentum yang berbahagia ini, kami persembahkan WTP yang ke – 5 ini kepada seluruh masyarakat Majene sebagai kado yang Insyaa Allah bermanfaat,” kata Fahmi Massiara.

Pemerintah Daerah akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah sehingga kelak dapat menjadi instrument yang kontributif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan arahan BPK Perwakilan Sulbar selama masa pemeriksaan berjalan,” pungkas Fahmi Massiara.

(*)