Pemda Mateng Harap Penerima PKH Benar-benar Layak

Gambar Pemda Mateng Harap Penerima PKH Benar-benar Layak

Mapos, Mateng – Sebagai ujung tombak pembangunan di kecamatan dan desa, Camat dan Kepala Desa (Kades) diminta untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, pastikan bahwa kelompok penerima program benar-benar layak untuk menerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal itu disampaikan oleh Asisten Bidang Pembangunan dan ekonomi Setda Mateng, Yusuf Unja dalam Rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan atas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Mateng yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Mateng di aula Fadillah, Kamis (21/2/2019).

“Saya berpesan kepada para Kepala OPD terutama kepala OPD tekhnis yang terlibat langsung dalam Program PKH, para camat dan Kepala Desa yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di kecamatan dan desa, laksanakanlah tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, pastikan bahwa kelompok penerima program benar-benar layak menerima PKH,” pesan Yusuf Unja.

Dia katakan, PKH sangat penting artinya bagi masyarakat, karena program ini memiliki tujuan mulia membantu keluarga sangat miskin dalam memenuhi kebutuhanya, baik di bidang pendidikan maupun di bidang kesehatan.

Namum demikian lanjutnya, perlu dipahami bahwa keluarga sangat miskin yang memenuhi syarat untuk menjadi peserta PKH juga memiliki kewajiban terhadap keluarga yaitu, menjamin kesehatan keluarga dengan memeriksakan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

“Selain hal itu, ada kewajiban yang tak kalah penting yaitu mendukung penataan masa depan anak-anaknya dengan menyekolahkan mereka agar menjadi generasi bangsa yang tangguh dan berdaya guna sehingga nantunya diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap pembangunan nasional baik dilingkungan keluarga, masyarakat bangsa dan negara,” ungkapnya.

(usman)