Pelayanan Polresta Mamuju Tetap Berjalan, Ini Himbauan Kapolresta

Gambar Pelayanan Polresta Mamuju Tetap Berjalan, Ini Himbauan Kapolresta

Mapos, Mamuju – Dalam situasi pandemi covid-19, pelayanan kepada masyarakat dikantor Polresta Mamuju tetap berjalan. Namun untuk masyarakat yang ingin mendapat pelayanan di kantor Polresta Mamuju dihimbau untuk mempertimbangkan segala hal yang siafatnya skala prioritas.

Bila belum mendesak atau urgent masyarakat diminta untuk lebih berdiam diri dirumah. Hal ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yakni social distancing.

Beberapa kebijakan diterbitkan Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Minarto. Menurutnya, kebijakan ini juga sudah dipertimbangkan agar tidak menimbulkan polemik kepada masyarakat ditengah mewabahnya Covid-19 saat ini.

Beberapa kebijakan tersebut diurakan oleh Kapolresta Mamuju, Seperti kebijakan jadwal besuk tahanan, pelayanan SIM, pelayanan SKCK dan Ijin keramaian serta pelayanan SKH semua tetap dilaksanakan.

“Namun ada perubahan dan kebijakan tertentu yang diberlakukan sementara waktu,” katanya.

Untuk jadwal besuk tahanan. Aelama ini berlaku jam besok sesuai aturan hari dan durasinya, kali ini Polresta Mamuju membatasinya. Hal ini didasari atas petunjuk dan arahan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabiwo. Bahwa salah satu langkah pemutus rantai penyebaran virus adalah dengan membatasi pertemuan yang melibatkan waktu dan orang yang banyak. Bila sangat mendesak untuk berkunjung atau membesuk, untuk sementara waktu akan dipertemukan dengan sistem ruang terpisah. Yakni ada pembatas atau partisi tembus pandang, agar tidak terjadi kontak fisik seperti berpelukan atau bersalaman secara lansung.

Untuk pelayanan SIM telah diberlakukan dispensasi oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono. Yakni jika SIM mati dari tanggal 17 sampai 30 Maret 2020, dapat melaksanakan perpanjangan SIM setelah tanggal 31 maret 2020. Serta khusus untuk ODP, SUSPEC atau posotif corona dapat melakukan perpanjangan setelah dinyatakan sehat dengan menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit atau dinas kesehatan

Untuk pelayanan rekomendasi ijin keramaian, Polresta Mamuju membatasi dan menganalisa sifat kegiatannya. Hal ini didasari oleh maklumat kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Idham Aziz. IDHAM AZIZ. Yaitu agar tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang melibatkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak. Seperti pertunjukan budaya, pawai, karnaval, pameran, konser, kontes, event dan unjuk rasa.

“Untuk pelayanan pembuatan SKCK dan SKH setiap harinya tetap kami layani. Dan semua jenis pelayanan-pelayan lainnya. Namun tetap wajib mematuhi protokol penanganan bagi setiap orang yang berkunjung di Polresta Mamuju,” tuturnya.

Diharapkan kepada masyarakat Mamuju, khususnya masyarakat yang ingin menggunakan jasa dan pelayanan di Polresta Mamuju, jangan kesal bila harus melalui serangkaian pemeriksaan saat datang ke Polresta Mamuju.

“Karena kami akan menyemprotkan disinfektan, mengukur suhu tubuh dan mewajibkan mencuci tangan serta membatasi jarak dan tidak melakukan kontak fisik. Semua langkah ini kita lakukan demi mencegah dan menangkal penyebaran wabah virus corona,” tutup Kapolresta.

(*)

Baca Juga