Pasien Diduga Positif Covid-19 Dirujuk ke RS Regional, Ini Klarifikasi Kadinkes Majene

Gambar Pasien Diduga Positif Covid-19 Dirujuk ke RS Regional, Ini Klarifikasi Kadinkes Majene Foto : ilustrasi

Mapos, Mamuju – Seorang pasien diduga positif virus corona dari Kabupaten Majene sudah dirujuk ke RS Regional. Saat berita ini disusun, pasien sudah dalam perjalanan menuju Mamuju.

Kepala Dinkes Majene dr. H. Rakhmat, mengungkapkan, saat ini pasien dalam perjalanan menuju RS Regional Mamuju. Saat dikonfirmasi, dia juga mengklarifikasi terkait informasi status pasien.

“Ya, sudah dirujuk ke RS Regional. Dan saya perlu sampaikan bahwa yang berwenang menetapkan status pasien adalah pemerintah pusat, bukan kami. Kemarin informasi sudah menyebar, sehingga saya harus menyampaikan hasil pemeriksaan swab di Majene. Namun kewenangan penuh terkait status pasien, adalah Kemenkes,” tuturnya, Minggu (29/03/2020).

Diungkapkan, santri sebuah ponpes dari Bandung ini tidak naik kendaraan umum. Bersama keluarganya, mereka menggunakan mobil pribadi.

Sementara itu Kepala Dinkes Sulbar dr. Muh. Alif Satria Lahmuddin, mengungkapkan, terkait suspect corona di Majene itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan surveillance Sulsel dan Sulbar serta Kemenkes. Diputuskan bahwa Sulbar menunggu pengumuman Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

“Saya tidak bisa menetapkan apalagi memutuskan status pasien itu. Kewenangannya ada di Kemenkes,” kuncinya.

(*)

Baca Juga