Panik, Seluruh Personil Polres Matra Lari Keluar Ruangan

Gambar Panik, Seluruh Personil Polres Matra Lari Keluar Ruangan

Mapos, Pasangkayu – Kejadian itu membuat panik warga sekitar yang berada di dekat lokasi Polres Matra. Mereka menyaksikan seluruh personil di Polres Mamuju Utara (Matra) berhamburan keluar ruangan, baik yang sedang melaksanakan tugas pelayanan maupun yang berada di ruangan lainnya.

Kejadian itu spontan terjadi membuat seluruh personil mendadak berlarian menuju Baruga Panulungan Polres Matra saat lonceng penjagaan berbunyi keras.

Warga pun bertanya, ada apa gerangan hingga membuat personil Polres Matra berhamburan keluar ruangan.

Rasa kepanikan itu muncul. Jangan-jangan ada kejadian luar biasa yang terjadi.

Setelah diselidiki lebih dalam, ternyata itu hanyalah simulasi yang diperagakan oleh Personil Polres Matra sebagai latihan respon panggilan luar biasa (PLB).

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peristiwa di Wilayah Polres Matra terkhusus untuk pengamanan Mako Polres Matra.

Saat dikonfirmasi, Waka Polres Matra Kompol Jufri Hamid S.Sos, menjelaskan, PLB dilaksanakan untuk mengecek kesiapan anggota Polres Mamuju Utara bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan ada kejadian genting yang membutuhkan kehadiran polisi.

Jufri mengatakan, latihan ini dilakukan guna menyikapi berbagai dinamika perkembangan yang ada di masyarakat khususnya soal Kamtibmas dan dilakukan apabila terjadi kondisi darurat, misalnya terjadi penyerbuan terhadap Mapolres atau ada Polsek jajaran yang membutuhkan bantuan dengan segera dan mengantisipasi kejadian yang bisa saja terjadi pada saat Pemilihan Kepala Desa serta Bupati dan Wakil Bupati tahun depan.

“Sengaja kita coba lakukan PLB supaya personel terbiasa dengan bergerak cepat dan mempunyai gambaran atau pedoman pola pengamanan,” ucapnya, Kamis (22/8/2019).

PLB sendiri dilaksanakan pada pukul 11.00 Wita.

“Walaupun ini hanya simulasi apel pangilan luar biasa, namun semua personil yang terlibat melaksanakan dengan sunguh-sunguh, walau pun masih ada yang terlambat,” kata Kompol Jufri.

Kompol Jufri menambahkan, PLB ini akan dilatihkan setiap saat kepada seluruh personil, tujuanya agar pergerakan personil bila dibutuhkan segera bisa langsung berkumpul.

(usman)

Baca Juga