Pakta Integritas, Cara Jitu Lahirkan Polisi Profesional

  • 3 Feb 2018
  • Mamuju
  • Sudirman Al Bukhori
  • 200
Gambar Pakta Integritas, Cara Jitu Lahirkan Polisi Profesional Didepan Kapolda Sulbar, dua peserta melakukan penandatangan pakta integritas.

Mapos, Mamuju – Didepan Kapolda Sulbar, dua peserta seleksi penerimaan anggota Polri Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2018 dan seluruh panitia membuat pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. (Pakta Integritas). Sabtu (3/2/2018) di Aula Mapolda Sulbar.

Pernyataan pakta integritas, dihadiri pejabat utama Polda, pengawas internal dan eksternal.

Didepan Kapolda Sulbar, dua peserta SIPSS melakukan penandatangan pakta integritas.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar , M.Si., menyampaikan, pakta integritas dilaksanakan untuk menciptakan sistem di tubuh Polri menjadi baik. “Tidak ada kecurangan, KKN, baik dari peserta dan juga panitia,” kata Baharuddin.

Dengan pakta integritas ini, Polri menjadi terbuka dan transparan. Tidak ada lagi yang saling memanfaatkan dengan mengambil keuntungan dalam proses penerimaan Polri ini.

Proses penerimaan ini, kata Baharuddin, untuk dapat dipertanggung jawabkan kepada Tuhan serta kepada sesama. Dengan sumpah yang telah diucapkan melalui vicon beberapa hari yang lalu.

“Dengan adanya pakta integritas, diharapkan dapat melahirkan insan polisi yang lebih profesional dan bertanggung jawab,” terang Baharuddin.

Baharuddin menitipkan pesan agar seluruh peserta, bersikaplah secara kesatria. Ikuti seleksi ini dengan baik. Pengawas internal dan eksternal jangan menginterfensi panitia maupun peserta. Jika ditemukan pelanggaran segera melapor kepada pihak yang berkompeten. Untuk peserta lakukan usaha dengan semaksimal mungkin, persiapkan diri dengan baik dan jangan lupa berdo’a.

“Kunci kesuksesan adalah berdo’a,” tutup Baharuddin.

(toni)

(Humas Polda Sulbar)

Baca Juga