Nelayan Wajib Miliki Kartu Kusuka, Apa Manfaatnya?

  • 25 Jun 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 396
Gambar Nelayan Wajib Miliki Kartu Kusuka, Apa Manfaatnya?

Mapos, Majene — Setiap nelayan wajib untuk memiliki Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Kartu ini merupakan pengganti Kartu Nelayan dan memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk proses perpanjangan asuransi.

Ketua Lembaga Sahabat Indonesia, Suhardi, Kamis (25/06/2020) mengatakan, masih banyak masyarakat nelayan di Kabupaten Majene yang tidak mengetahui apa itu Kartu Kusuka.

“Jadi kami ingin Membantu Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan dalam hal ini Penyuluh Perikanan dalam pendampingan pengurusan kartu KUSUKA untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

Adapun yang berhak memiki Kartu Kusuka adalah nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, pemasaran ikan, pengolahan ikan serta pengusaha jasa pengiriman hasil perikanan.

Dikatakan, dasar hukum Kusuka cukup jelas yakni sesuai Permen-KP Nomor 39 tahun 2017 tentang kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan.

‘Kami dari lembaga pemberdayaan sudah turun ke lapangan untuk pendataan ini sekaligus sosialisasi apa itu Kusuka,” katanya.

Ia berharap, seluruh nelayan di Majene memiliki kartu tersebut. Untuk nelayan yang belum mengerti apa itu Kartu Kusuka, pihaknya mengaku akan terus melakukan sosialisasi dengan cara door to door sekaligus pendataan.

Diketahui, adapun ruang lingkup Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan yang berhak mendapatkan Kartu Kusuka berbentuk orang, perseorangan atau korporasi yang meliputi, nelayan.

Nelayan itu sendiri terdiri atas nelayan kecil, nelayan tradisional, nelayan buruh, dan nelayan pemilik.

“Sedangkan pembudi daya ikan terdiri dari pembudi daya ikan kecil, penggarap lahan, dan pemilik lahan,” ungkap Suhardi.

“Jadi kepada masyarakat yang ingin mendapatkan Kartu Kusuka bisa menghubungi kontak kami Telp/WA 0821 8833 1743 Pelayanan gratis,” tambahnya.

(*)