Anwar Ilyas: Haqqul Yaqin Menangkan Sengketa

Gambar Anwar Ilyas: Haqqul Yaqin Menangkan Sengketa

Mapos, Mamuju – Ketua tim kuasa hukum paslon 1 Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud, Anwar Ilyas, mengaku haqqul yaqin akan memenangkan sengkata Pilkada Mamuju 2020 di Bawaslu Mamuju.

“Kami haqgul yakin, sangat percaya akan memenangkan sengketa Pilkada ini. Dari 40 kasus yang kami laporkan, 1 saja yang terbukti sudah cukup,” katanya saat menggelar konferensi pers, Selasa (06/10/2020).

Dasarnya, lanjut Ilyas, semua dalil-dalil dan fakta di persidangan membenarkan gugatan. Ditambah lagi dengan keterangan ahli yang dihadirkan, menguatkan gugatan.

“Sampai hari ini yakin permohonan kami diterima,” katanya.

Dia pun menilai Bawaslu arif dan profesional. Meski tidak sesempurna di persidangan yang sebenarnya.

“Di Bawaslu kemarin itu sifatnya musyawarah, bukan sidang. Namun kami menilai, Bawasalu profesional,” akunya.

Ilyas menuturkan, apapun keputusannya, ada waktu selama 3 hari untuk melakukan tindak lanjut upaya hukum ke PT TUN.

“Jika permohonan kami dikabulkan Bawaslu, kami tidak akan melakukan upaya hukum lain. Sebaliknya, petahana tidak bisa melakukan upaya hukum ke PT TUN. Sebab tidak ada dasar hukumnya. Saat gugatan kami dikabulkan, maka status petahana sebagai peserta menjadi gugur. Bukan lagi paslon,” katanya.

“Ketika dikabulkan Bawaslu, KPU akan tindaknlanjuti untuk keluarkan SK baru. Menggugurkan petahana sebagai peserta Pilkada Mamuju 2020,” imbuhnya.

Ditegaskan, tim kuasa hukum Tina-Ado sudah siap dengan segala kemungkinan hukum yang akan terjadi.

“Yang pasti, sesuai ketentuan yang berlaku, keputusan sengketa Pilkada harus sudah ada sebelum hari H. Sebelum tanggal 9 Desember 2020,” kuncinya.

(*)

Baca Juga