Miris… Potret Sampah Mewarnai Wisata Kali Mamuju

Tumpukan sampah yang berserakan sepanjang wisata kali Mamuju, baupun menyengat.

Tumpukan sampah yang berserakan sepanjang wisata kali Mamuju, baupun menyengat.

Mapos. Mamuju – Permasalahan sampah memang tak ada habisnya, mulai dari buang sembarangan di kali hingga tempat-tempat umum. Hal ini lah yang membuat Wisata Kali Mamuju kota Mamuju dianggap susah majunya karena masih banyak warga yang suka membuang sampah sembarangan.

Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya tampaknya memang masih kurang.

Hal ini menunjukkan betapa mirisnya potret sepanjang wisata kali Mamuju, soddo, yang biasanya bersih menjadi penuh sampah yang berserakan.

Pemandangan tak sedap itu mewarnai Tempat Wisata Kali Mamuju. Pasalnya sejumlah sudut jalan wisata itu terlihat banyaknya tumpukan sampah berserakan di dipinggir jalan, mengakibatkan wajah tempat wisata yang selama ini bersih dan indah itu menjadi kotor dan jelek.

Selain berserakan di pinggir jalan, sampah yang merupakan limbah rumah tangga yang sudah berhari-hari tak terangkut itu juga sudah menebarkan aroma tak sedap. Kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat setempat, dan para wisatawan dari berbagai daerah yang datang berlibur ke kota itu.

Sejumlah warga mengatakan, bahwa kondisi menumpuknya sampah seperti itu sudah lama terjadi. Selain disebabkan karena tidak tersedianya kontainer sampah, juga disebabkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan masih kurang.

“Selama ini di bahu jalan dan dekat tanjakan Wisata kali Mamuju, tidak disedikan kontainer sampah,”kata salah seorang warga yang meminta dinas terkait untuk segera mengangkut sampah-sampah yang sudah berserakan tersebut. Jumat (15/09/2017).

(usman)