Wujudkan Generasi Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang

Gambar Wujudkan Generasi Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang

Mapos, Mamuju – Mantapkan event Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, jajaran Dit Lantas Polda Sulbar terus melakukan koordinasi terhadap semua pihak.

Senin, 4 Februari 2019, berdasarkan Surat Perintah dari Dirlantas Polda Sulawesi Barat Kombespol Chiko Ardwiatto, S.I.K., M.Hum, tentang rangkaian kesiapan pelaksanaan Millenial Road Safety Festival 2019, maka PS. Kasi Laka Subdit Gakkum Dit Lantas Polda Sulawesi Barat AKP Suhartono SH SIK didampingi Aiptu Jawadi, melaksanakan kegiatan Police Goes To School Millennial menjumpai para generasi millennial di SMK Negeri Mamuju dengan rangkaian pembina upacara bendera, sekaligus pembuatan video deklarasi dukungan aktif suksesnya MRSF 2019, yang jatuh pada hari Minggu, 24 Februari 2019.

Melalui amanat Dirlantas Polda Sulawesi Barat Kombespol Chiko Ardwiatto, yang dibacakan oleh PS. Kasi Laka Subdit Gakkum, AKP Suhartono, menjelaskan, dasar yang menjadi pedoman dilaksanakannya Millenial Road Safety Festival 2019 yaitu :

1. Pernyataan PBB – WHO bahwa laka lantas adalah urutan ke-5 jumlah penyebab manusia meninggal dunia dengan urutan yaitu (1) Jantung coroner, (2)Paru, (3) Diabetes, (4) TBC, (5) Korban Laka Lantas.

2. Decade of action for road safety dengan target 2011 – 2020. Ada 5 pilar keselamatan jadi acuan pemerintah Indonesia yang dituangkan dalam Inpres No 4 tahun 2013.

3. Amanah Uu No. 22 tahun 2009 pasal 203 Pemerintah bertanggungjawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

4. Program- program road safety juga dicanangkan dalam RPJMN tahun 2015 sampai 2019 berdasarkan Perpres No. 2 tahun 2015.

5. Angka kecelakaan lalu lintas yang menjadi korban manusia mendominasi melibatkan masyarakat generasi millennial yaitu usia 15 – 40 tahun.

Dia mengatakan, generasi millennial yang peduli Road Safety (Keselamatan berlalu lintas) memegang peranan penting dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas.

Oleh karena itu, edukasi lalu lintas merupakan salah satu dari fungsi lalu lintas sebagai upaya preventif didalam menanggulangi masalah lalu lintas, mempunyai peran sebagai penyangga dan salah satu sarana untuk membantu melaksanakan tugas operatif dibidang lalu lintas dalam rangka pembinaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Sasaran edukasi dibidang lalu lintas kepada para generasi millennial yaitu untuk menanamkan sikap mental (Mind Changing), mentaati peraturan perundang-undangan lalu lintas agar berpartisipasi aktif ikut serta dalam upaya mewujudkan kamseltibcarlantas di jalan, demi keselamatan diri dan keselamatan orang lain di jalan.

Peran generasi millennial ini sangatlah penting, maka dari itu Korlantas Polri dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Barat menggagas acara “Millenial Road Safety Festival 2019” yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Februari 2019 di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, mulai pukul 06.00 Wita, sebagai upaya agenda sosialisasi tertib berlalu lintas serta sebagai upaya peningkatan dan pengokohan persatuan bangsa, utamanya kaum generasi millennial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas guna tercapainya road safety to zero accident.

Tujuan dilaksanakan Millenial Road Safety Festifal 2019, yaitu :

1. Terbangunnya budaya tertib berlalu lintas khususnya di kalangan generasi millennial Provinsi Sulawesi Barat.

2. Terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan melibatkan prioritas generasi millennial Provinsi Sulawesi Barat.

3. Adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

4. Membentuk Relawan Lalu Lintas Millenial Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Barat.

5. Mempererat hubungan kedekatan antara Polisi dengan generasi millennial di Provinsi Sulawesi Barat.

“Adik-adik generasi millennial, begitu pentingnya peran anda bagi masi depan diri anda dalam meraih cita-cita dan memegang peranan penting dalam pembangunan masa depan Bangsa Indonesia. Maka, kami turut bertanggungjawab untuk mewujudkan cita-cita para generasi millenial dengan menjaga agar terhindar dari resiko menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” pesannya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap etika berlalu lintas, maka kegiatan Millenial Road Safety Festival nanti akan diselenggarakan dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Senam Kolosal Millenial
2. Jalan Sehat Millenial
3. Millenial Entrepreneur Expo.
4. Safety Riding & Driving.
5. Free style sepeda motor.
6. Deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas

Kegiatan Millenial Road Safety festival 2019 ini akan dimeriahkan oleh artis ibu kota Tukul Arwana dan Janeta Janett serta artis lokal lainnya yang akan dihadiri oleh seluruh generasi Millenial se-Provinsi Sulawesi Barat, baik dari Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, Majene, Polman, Mamasa dan Pasangkayu.

Adapun doorprize yang disediakan, yaitu, 2 Unit sepeda motor N-Max, kulkas, mesin cuci, televisi, dan ratusan hadiah hiburan menarik lainnya.

“Mewujudkan Generasi Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang”

(usman)