Mateng Tak Capai SPIP dari BPKP, Amin Jasa: Kabupaten Baru

  • 5 Des 2018
  • Mamuju
  • Sudirman Al Bukhori
  • 52
Gambar Mateng Tak Capai SPIP dari BPKP, Amin Jasa: Kabupaten Baru

Mapos, Mamuju – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Barat merilis, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) tak capai SPIP meturitas level 3.

Menangapi hal itu, Wakil Bupati Mateng, Amin Jasa menyebut, walaupun Mateng belum mencapai SPIP level 3, pihaknya akan tetap optimis akan meraih SPIP tahun berikutnya.

“Kita tidak boleh berkecil hati. Mateng akan terus berbenah. Insya Allah tahun depan kita akan capai,” ujar Amin Jasa saat ditemui usai kegiatan Workshop SPIP Pencanangan Program Kerja Terpadu Vertikal Untuk Kemajuan Sulawesi Barat di kantor BPKP jalan Andi Pattana Endeng, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu (5/11/2018).

Amin mengatakan, sebagai kabupaten yang baru mekar, capaian SPIP belum sepenuhnya diraih, disebabkan Mateng adalah kabupaten baru yang masih muda serta masih butuh bimbingan.

“Sebagai kabupaten baru, kita masih butuh bimbingan,” tuturnya.

Dirinya mengakui, tetap akan membutuhkan dorongan dan arahan serta bimbingan teknis kepada Satgas SPIP, sehingga tujuan tercapainya pemenuhan karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP Level 3 atau terdefenisi dapat terwujud.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dalam mewujudkan Good Governance and Clean Governance dengan membenahi kinerja dalam mencapai visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Mateng,”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulbar Arif Ardiyanto memberikan apresiasi kepada para bupati peraih SPIP berupa piagam penghargaan.

Arif memberikan pesan kepada para bupati agar senantiasa mempertahankan komitmen tersebut.

Disamping itu, upaya menyelaraskan RPJMD dengan RPJMN menjadi perhatian tersendiri bagi Kaper BPKP Sulbar itu.

“Keselarasan tersebut adalah wujud kepedulian Pemkab masing-masing akan capaian pemerintah secara nasional, termasuk level SPIP ini,” ujarnya.

foto/istimewa

Adapun kabupaten yang meraih SPIP level 3 diantaranya, Kabupaten Majene yang menjadi pionir pencapaian maturitas SPIP level 3 setelah melalui proses quality assurance oleh BPKP Pusat.

Kemudian dari Kabupaten Pasangkayu, Mamuju dan Polman. Sementara yang masih dalam proses quality assurance adalah capaian maturitas SPIP level 3 oleh Pemprov Sulbar dan Kabupaten Mamasa.

(usman)