Masker Langka, Penjahit di Mamasa Produksi Ratusan Masker Kain

Gambar Masker Langka, Penjahit di Mamasa Produksi Ratusan Masker Kain

Mapos, Mamasa — Kebutuhan masker terus meningkat, pasca merebaknya penyebaran virus covid 19 di sejumlah daerah di Indonesia.

Melonjaknya kebutuhan masker menyebabkan stok masker di sejumlah apotik dan pusat-pusat perbelanjaan habis.

Di Mamasa, Sulawesi Barat, sejak sepekan terakhir ini, warga kesulitan mendapatkan masker lantaran stock masker di semua apotik dan toko habis terjual.

Mengatasi masalah tersebut, salah satu industri rumah tangga di Mamasa, Penjahit OZ-RA Galery yang berlokasi di Jln. Poros Salu Kodo Mamasa, dalam menyikapi kelangkaan masker di wilayah Kabupaten Mamasa, mulai memproduksi masker dari kain, dalam memenuhi kebutuhan masker bagi Masyarakat, untuk pencegahan penularan covid 19.

Fifi Abriella selaku pemilik usaha saat dikonfirmasi Kamis (19/03/2020) menjelaskan, awalnya mereka mulai memproduksi masker pada tiga hari lalu, setelah banyak menerima permintaan dari masyarakat yang kesulitan mendapat masker akibat kelangkaan barang tersebut di sejumlah toko dan apotik di Mamasa.

“Awalnya kita hanya buat untuk keluarga, tapi karena banyak permitaan dari masyarakat untuk dibuatkan, jadi kita buatkan juga,” ungkap Fifi.

Dia mengaku, setiap harinya mereka bisa menjual masker buatannya sampai ratusan per hari kepada masyarakat. Bahkan saat ini, pihaknya telah menerima orderan pembuatan masker dari Dinas Kesehatan Setempat sebanyak 100 lembar.

“Untuk masyarakat umum, dalam tiga hari ini, diperkirakan sudah lebih dari dua ratus yang terjual. Dan saat ini kami sementara kerjakan pesanan dari Dinas Kesehatan sebanyak 100 buah,” sebut Fifi.

Disebutkan bahwa Masker yang mereka produksi terbuat dari kain katun dengan lapisan furing, sehingga dijamin kualitasnya baik untuk digunakan, dan juga bisa dicuci.

Untuk memastikan masker buatannya aman untuk digunakan. Dalam proses pembuatan, setiap karyawan yang dipekerjakan wajib memakai masker, dan menggunakan antiseptik untuk mencuci tangan sebelum menyentuh kain yang akan dijahit.

Sementara untuk sterilisasi barang dalam kemasan. Setiap masker yang sudah dijahit, terlibih dahulu disemprot dengan cairan antiseptik kemudian disetrika selama 10-15 menit, lalu dikemas kedalam plastik.

Masker yang dibuat terdiri dari dua jenis ukuran, yakni ukuran untuk anak-anak dan juga ukuran orang dewasa.

(anis)

Baca Juga