Margiono : Citra Padang akan Terangkat lewat HPN

  • 8 Feb 2018
  • Nasional
  • R Fajar Soenoe
  • 164
Gambar Margiono : Citra Padang akan Terangkat lewat HPN

Laporan Langsung dari Padang Sumatera Barat :
R Fajaruddin Soenoe (Wapemred Mamujupos.com)

Mapos, Padang – Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 diharapkan dapat mengangkat citra Padang dan Sumatera Barat menjadi lebih baik lagi.

“Jumlah wartawan yang hadir seluruh Indonesia mencapai ratusan orang,” kata Ketua PWI Pusat Margiono, Rabu (7/1/2018) di Hotel Bumiminang Padang malam tadi.

Ketua PWI Pusat Margiono saat memberikan sambutan di Hotel Bumiminang Padang

Sementara dalam sambutan Magiono di Buku Panduan HPN 2018 menyatakan, melalui HPN ini, obyek-obyek wisata Ranah Minang akan makin terkenal di nusantara dan dunia internasional.

Magiono mengatakan, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga segala proses dan tahapan pelaksanaan HPN hingga hari puncaknya dapat berjalan baik serta sesuai rencana.

Dirinya menyampaikan, bahwa dalam penentuan suatu daerah sebagai tuan rumah penyelenggara HPN 2018 telah melalui proses panjang dan kajian tim PWI Pusat terhadap daerah-daerah yang mengusulkan atau lngin jadi tuan rumah. Melalui proses kajian dan verifikasi tim yang ditugaskan ke daerah, maka Sumbar terpilih sebagai tuan rumah.

“Semoga persiapan hingga pelaksanaan HPN bisa sukses. Dalam rangkaian hari puncak HPN pada 8-9 Februari 2018, kegiatan-kegiatan ini dihadiri Presiden RI Bapak Joko Widodo,” harapnya.

Lebih jauh kata dia, sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 5 tahun 1985 tanggal 23 Januari 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Suharto memutuskan, bahwa Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari

Kemudian, yang tidak bisa dilupakan adalah salah satu butir keputusan Kongres PWI di Padang pada 4 Desember 1978 itu adalah cetusan untuk menetapkan suatu hari yang bersejarah, guna memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Kehendak itu diusulkan kepada pemerintah melalui Dewan Pers untuk menetapkan Hari Pers Nasional.

“Barulah pada sidang Dewan pers ke-21 di Bandung pada tanggal18 Februari 1981, keinginan itu disetujui Dewan Pers untuk disampaikan kepada
pemerintah dan menetapkan penyelenggaran Hari Pers Nasional,” ungkap Martiono.

Momentum peringatan HPN tahun ini, adalah jelas agenda tahunan insan pers di Tanah Air. Kesempatan untuk bersama-sama melakukan perubahan dan menghasilkan komitmen bersama untuk insan pers, kalangan media, masyarakat, dan bangsa yang kita cintai ini.

Peran media massa dan insan pers sangat menentukan arah perubahan dan pembangunan bangsa ini, bahkan tak kalah pentingnya untuk mencerdaskan masyarakat.

Pelaksanaan HPN 2018 juga diharapkan dapat mengangkat citra Padang dan Sumatera Barat menjadi lebih baik lagi. Obyek-obyek wisata Ranah Minang makin terkenal di nusantara dan dunia internasional. Besar harapan kepada rekan-rekan Jurnalis di Bumi Pertiwi yang hadir di Ranah Minang, bila dalam pelaksanaan ada kekurangan agar dapat dimaklumi.

Tak lupa Martiono berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam rangkaian penyelenggaran HPN 2018.

“Kepada semua pihak yang terlibat dalam rangkaian penyelenggaran HPN 2018, kami ucapkan terima kasih,” pungkas Margiono.

(***)

Baca Juga