Mantapkan MRSF 2019, Dit Lantas Polda Sulbar Go to School, MAN Mamuju

Gambar Mantapkan MRSF 2019, Dit Lantas Polda Sulbar Go to School, MAN Mamuju

Mapos, Mamuju – Jelang pelaksanaan Milenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Sulbar terus melancarkan koordinasi dan silaturahmi serta upacara bendera.

Pada Senin, (4/2/2019) pukul 07.15 Wita, jajaran Dit Lantas yang dipimpin oleh Ps. Kasi STNK Dit Lantas Polda Sulbar dibantu dari Sat Lantas Polres Mamuju, melaksanakan Police Goes to School tentang, tertib berlalu lintas sekaligus menyampaikan pelaksanaan kegiatan Milenial Road Safety Festival 2019, di sekolah MAN 1 Mamuju.

Adapun Personil Ditlantas Polda Sulbar dan Sat Lantas Polres Mamuju yang melaksanakan giat tersebut adalah, Ps. Kasi STNK Dit Lantas Polda Sulbar, AKP Eduard Steffry Allan T., S.I.K., M.Si, Aipda Lukman, Bripda Rini Anggraeni, Bripda Rizky Anita dan Ps. Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Mamuju, Aipda Harto dan 1 Pers Sat Lantas Polres Mamuju.

Dalam pelaksanaan Police Goes to School kali ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah MAN 1 Mamuju beserta perangkat sekolah lainnya.

Bertindak selaku Irup AKP Eduard Steffry Allan T., S.I.K., M.Si, yang juga menyampaikan amanat Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Chiko Ardwiatto, S.I.K., M.Hum, tentang Pelaksanaan Milenial Road Safety Festival yang akan dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra, pada Minggu, 24 Februari 2019, pukul 06.00 Wita.

Dari amanat yang dibacakan, dasar Pedoman dilaksanakan Milenial Road Safety Festival 2019, yaitu :

1. Pernyataan PBB – WHO bahwa laka lantas adalah urutan ke 5 penyebab manusia meninggal dunia.

2. Decade Of Actionnya for Road Safety dgn target 2011-2020

3. Amanah UU No.22 Tahun 2009 pasal 203

4. Program Road Safety dicanangkan dalam RPJMN tahun 2015 sampai 2019

5. Angka kecelakaan lalu lintas korban manusia mendominasi, yang melibatkan masyarakat generasi Millennial yaitu, usia 17 – 35 tahun.

Selain itu, disampaikan juga tujuan dari dilaksanakannya Milenial Road Safety Festival 2019 di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, adalah :

1. Terbangunnya budaya tertib berlalu lintas, khususnya dikalangan millennial Provinsi Sulbar.

2. Terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan yang melibatkan generasi Milenial di Provinsi Sulbar.

3. Adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

4. Membentuk relawan lalu lintas Milenial Indonesia khususnya di Provinsi Sulbar.

5. Mempererat hubungan kedekatan antara polisi dengan generasi Milenial di Provinsi Sulbar.

Selanjutnya, juga disampaikan untuk acara kegiatan Milenial Road Safety Festival pada 24 Februari 2019, yang diantaranya,

1. Senam Kolosal Milenial
2. Jalan sehat Milenial
3. Milenial Entrepreneur Expo
4. Safety Riding/Driving
5. Free Style Sepeda Motor
6. Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Didepan para siswa, AKP Eduard Steffry Allan T, juga menjelaskan, bahwa di kegiatan Milenial Road Safety Festival itu, ratusan hadiah doirprize akan dibagikan kepada peserta yang beruntung.

Tak hanya itu, lanjut Eduard, acara Milenial Road Safety Festival bakal dihibur artis dari ibukota seperti, Tukul Arwana dan juga Janeta Janet, serta artis lokal lainnya yang berasal dari Sulbar.

Selanjutnya, kata Eduard, menggelorakan Millenial Road Safety Festival dan pengambilan data siswa-siswi sebagai Relasi (Relawan Lalu Lintas Indonesia).

Giat tersebut berakhir pada pukul 09.00 Wita.

(usman)