Lebih dari 4 Kali Beraksi, 3 Penjambret Dibekuk Polisi

0
75

Mapos, Mamuju – Polisi menangkap tiga pelaku pencurian dengan kekerasan, Reza (18), Zulfahmi (19), dan Anri (19), yang biasa beroperasi di seputar Mamuju Tengah (Mateng). Ketiganya sudah empat kali melakukan pencurian dan sering kali mengincar wanita sebagai korban.

“Modus operandi dari para tersangka ini, mereka akan menggambar, membuntuti, utamanya perempuan yang menggunakan barang barang mewah, baik perhiasan, HP, atau membawa tas, kemudian dia tidak segan-segan untuk menodong ataupun menarik secara paksa barang-barang perempuan tersebut ataupun laki laki yang sekiranya membawa barang-barang mewah,” kata Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura, Minggu (27/5/2018).

Dari keterangan ketiga pelaku, mereka sudah beraksi, kurang-lebih empat kali di Wilayah Mateng dan Mamuju diantaranya,

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

1. Topoyo dekat Pertamina dengan barang bukti handpone merk Vivo,

2. Topoyo sebelum jembatan Salupangkang dengan barang bukti tas warna Abu-abu yang berisikan handphone Samsung Galaxy J1 warna putih yang dipengang oleh Amri

3. Topoyo Jembatan Benteng dengan barang bukti, tas warna Hitam yang berisikan handphone Nokia  (dipegang Wahyu), uang tunai Rp250 ribu

4. Belang-belang dekat Pertamina, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, barang bukti tas warna Kuning yang berisikan handphone Vivo warna hitam, uang tunai Rp300 ribu.

“Sudah empat kali lebih (menjambret),” ujar pelaku Reza, diteruskan oleh Hj. Mashura.

Ketiga pelaku penjambret.

Menurut Hj. Mashura, dalam melakukan aksinya pelaku menggunakan motor R15 Yamaha. Saat beraksi, para pelaku menggunakan sajam untuk menakuti korbannya. Pelaku juga tak segan melukai korban jika melawan.

“Kalau korban mempertahankan diri, mempertahankan barang berharga miliknya, apalagi melakukan perlawanan, tersangka tidak akan segan-segan melukai korban dengan menggunakan senjata tajam (sajam) yang sudah disiapkan,” ujar Hj. Mashura.

Pelaku Reza dan Zulfahmi dibekuk pada Jumat (25/5/2018) pukul 21.00 Wita di Dusun Pangale, Kecamatan Pangale Kabupaten Mateng, dengan barang bukti yang diamankan, satu unit handphone merk Vivo warna Hitam dan satu unit handphone merk Vivo warna Putih.

Sedangkan Anri dibekuk pada pukul 22.30 Wita di Jalan Pattalunru Kelurahan Binanga Kabupaten Mamuju dengan TKP penjambretan di Jalan Mongosidi Kelurahan Binanga Kabupaten Mamuju, kejadian sekitar dua bulan yang lalu. Pengakuan pelaku, dia bersama Wahyu yang kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Adapun barang bukti yang ikut diamankan adalah, satu unit handphone merk Apple Iphone 4 warna gold, dan satu unit handphone merk Samsung putih.

Barang bukti handphone.

“Untuk barang bukti kendaraan roda dua yang diamankan polisi diantaranya, satu unit Kawazaki KLX warna Hijau, satu unit Yamaha R15  warna Hitam, satu unit Honda vario warna Putih dan satu unit Honda CS1 warna Hitam,” ungkap Hj. Mashura.

“Tim masih melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap para pelaku Jambret yang masuk DPO,” sambungnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dikenai Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman lebih dari 12 tahun penjara.

(usman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.