Latihan Pra Operasi Mantap Praja 2020 Polres Majene Digelar Secara Virtual

  • 2 Sep 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 202
Gambar Latihan Pra Operasi Mantap Praja 2020 Polres Majene Digelar Secara Virtual

Mapos, Majene – Menjelang pengamanan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah periode 2020 – 2025, Kepolisian Resort Majene (Polres Majene) menggelar pelatihan Pra operasi dengan sandi Operasi Mantap Praja Siamasei tahun 2020.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan untuk mengawal, mengamankan dan menyukseskan pesta demokrasi yang kondusif kedepan.

Latihan Pra Operasi yang berlangsung di Ruang Data Polres Majene melalui siaran aplikasi Zoom ini dipimpin oleh Kapolres AKBP Irawan Banuaji di dampingi Kabag Ops dan seluruh pejabat utama lainnya, Rabu (2/9/20).

Pelaksanaan kegiatan kali ini sedikit berbeda dengan Lat Pra Ops sebelumnya dikarenakan masa pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan diutamakan.

AKBP Irawan Banuaji mengatakan, kegiatan Lat Pra Ops ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh personel Polres Majene saat bertugas di lapangan sehingga cara bertindak yang diambil benar, tepat dan sesuai dengan SOP.

“Intinya kegiatan ini kita lakukan agar seluruh personil yang terlibat betul-betul mengerti peran dan fungsinya sehingga pengamanan yang dilakukan efektif dan maksimal,” tutur Kapolres.

Bersamaan dengan itu, terkait kondisional di tengah pandemi Covid-19 seluruh personil diharapkan agar tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan mengenakan masker.

“Bila perlu saat ini antisipasi tumpukan massa kedepan agar disikapi dengan baik demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Kapolres.

Masih kata dia, yang tak kalah penting mengingat posisi Pokri selaku pihak pengamanan harus selalu menjaga netralitas selama pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Pada kesempatan sama, Kabag Ops AKP Ujang Saputra menjelaskan terkait tata cara dan tehnik pengamanan melalui miniatur Tactical Floor Game dengan tujuan seluruh personil lebih mudah mengerti dan mengetahui posisi masing-masing saat melaksanakan tugas di lapangan.

(*)