Lahan Dua Desa di Kecamatan Sendana Ludes Dilalap Api

Gambar Lahan Dua Desa di Kecamatan Sendana Ludes Dilalap Api

Mapos, Majene — Kendati jajaran kepolisian setempat memasang baliho agar mewaspadai kebakaran lahan ditengah musim kemarau ini, namun amukan si jago merah tetap saja tidak bisa dibendung.

Api kembali menghanguskan lahan dua dusun di Kecamatan Sendana Rabu, 04 Agustus 2019 kemarin.

Menurut Kapolsek Sendana AKP Achmad Syarif Tola, Kamis (5/9/2019), kebakaran lahan atau kebun warga pertama kali terjadi di Desa Putta’da’ Kecamatan Sendana pada Rabu kemarin sekitar pukul 13.00 Wita.

“Menurut keterangan warga setempat, bahwa api mulai muncul dari desa Putta’da’ sekitar pukul 09.00 Wita, namun masih kecil dan sekitar pukul 13.30 Wita, api sudah membesar dan merambat dengan cepat membakar lahan dan kebun warga dan sampai ke lahan Desa Limbua,” ungkap AKP Achmad Syarif Tola.

Karena tiupan angin kencang, serta banyaknya daun kering di lahan atau kebun milik rakyat sehingga titik-titik api menyebar.

“Titik api mulai banyak dan menyala. Kemudian ditiup angin. Apalagi, medan ke sumber api sangat sulit dijangkau,” kata Achmad Syarif Tola.

Nanti, lanjut dia, pukul 20.29 Wita, amukan api berhasil dipadamkan dengan alat seadanya.

“Kita kerahkan personil Polsek Sendana dan dibantu warga Desa Puttada, warga Desa Lalatedong, serta warga Desa Limbua sekitar 100 Orang dengan cara berpencar ditiap titik kebakaran lahan tersebut untuk memadamkan api,” kata Achmad Syarif Tola.

Dilaporkan, tidak ada korban rumah milik warga maupun korban jiwa dalam peristiwa itu, namun luas lahan yang terbakar mencapai 10 hektar.

(ipunk)