Kurban 16 Ekor Sapi, Kanwil Kemenag Sulbar Pastikan Sesuai Teknis SE 16 Tahun 2021

0
46

Mapos, Mamuju – Sebelumnya, Kanwil Kemenag Sulbar, telah mensosialisasikan SE Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis malam takbiran, shalat idul adha dan pelaksanaan qurban Tahun1442 / 2021 M di luar wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. ( kamis, 22 juli 2021 )

Dalam Edaran tersebut penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). Namun, jika RPH-R yang tersedia terbatas, penyembelihan he­wan kurban bisa dilakukan di tempat yang luas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menggunakan memperhatikan kebersihan petugas dan kebersihan alat serta lainnya.

Idul Adha tahun ini Kanwil Kemenag Sulbar berkurban sebanyak 16 ekor sapi; 3 ekor sapi kurban dari bidang PAKIS, 3 ekor sapi kurban dari bidang Bimas Islam, 3 ekor sapi bidang Madrasah, 3 ekor sapi dari bidang PHU, 4 ekor sapi dari bidang Sekretariat. Teknis penyembelihan pun dipastikan berjalan sesuai petunjuk teknis di dalam SE, salah satunya proses penyembelihan dilakukan sesuai jadwal yang telah disusun. Dari
16 ekor sapi sebagian disembelih di halaman kanwil kemenag Sulbar dan ada juga di pondok pesantren dan kaum dhuafa, dan dipastikan ini semua berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Pemotongan hewan qurban hari ini disaksikan langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulbar H. M. Muflih B. Fattah, Kabag. Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulbar H. Syamsul, pejabat eselon IV dan staf lingkup sekretariat.

“Penyembelihan kurban tahun ini tidak dilakukan serentak tapi secara bertahap, sudah dibuatkan jeda pada setiap penyembelihan, 10 ekor telah disembelih kemarin dan sisanya dilakukan hari ini, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan,” jelas Kakanwil saat menyaksikan proses penyembelihan.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.