KPU Polman Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Berlebih

0
48
KPU Polmam Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Berlebih.

Mapos, Polman¬†–¬†Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman) memusnahkan 3.523 surat suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Polman 2018.

Kepala Divis Keuangan umum dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polman, Fitrinela mengatakan, surat suara yang dimusnahkan tersebut terdiri dari surat suara yang rusak, adanya tanda blur serta terdapat noda, seperti pada gambar pasangan calon yang seharusnya berwarna merah putih, ini malah berwarna orange. Ada pula tambahan warna biru yang dikategorikan masuk dalam surat suara rusak.

“Ada surat suara rusak dan surat suara lebih. Surat suara yang rusak 1.475, kemudian surat suara berlebih 2.048. Total 3.523,” ujar Fitrinela Sumarno di Kantor KPU Polman, Kamis (21/6/2018).

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Fitrinela menjelaskan, kerusakan surat suara terjadi karena beberapa hal, di antaranya yakni potongan yang tidak simetris dan kondisi surat suara yang robek serta berlebih.

Sebelum memusnahkan surat suara tersebut, KPU melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Surat suara yang rusak itu juga dikumpulkan, begitu juga surat suara yang berlebih,” kata dia.

Kelebihan surat suara terjadi karena KPU hanya membutuhkan surat suara sejumlah daftar pemilih tetap (DPT), surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari DPT per TPS. Oleh karena itu, surat suara yang berlebih juga dimusnahkan.

Fitrinela mengatakan, pemusnahan dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan surat suara oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Untuk menjaga agar tidak disalahgunakan maka dimusnahkan,” ucapnya.

Pemusnahan surat suara sesuai dengan berita acara nomor : 231/PL.03.6/BA/7604/KPU/KAB.VI/2018.

KPU Polmam Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Berlebih.

Pemusnahan surat suara rusak dan berlebih tersebut disaksikan langsung oleh Ketua KPU Polman M. Danial, Ketua Panwaslu Suaib Alimuddin, Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai, Tim sukses pasangan calon nomor urut 1 Salim – Marwan yakni Awaluddin dan tim sukses pasangan calon nomor urut 2 AiM – beNar yakni Muh. Zakir Akbar Yakob. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.