Kominfo Gelar Festival Literasi Digital di Mamuju

Mapos, Mamuju — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar Festival Literasi Digital di Kota Mamuju Sulawesi Barat.

Kegiatan festival akan digelar pada Minggu, 29 Oktober 2023, muli pukul 13.00 hingga 22.40 WITA, bertempat di Pantai Manakarra, Mamuju.

Dengan tema “Lawan Hoaks di Media Sosial”, kegiatan kali ini akan dimeriahkan dengan sejumlah acara, mulai dari talk show Literasi Digital, Stand up comedy, pertunjukan musik, kuliner lokal, gathering komunitas, hingga digital banner di media sosial Kominfo.

Dihubungi via telepon oleh media ini, Jumat sore 27 Oktober 2023, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar, Mustari Muka S.Sos,M.A.P, mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

“Ini termasuk langkah antisipatif bagi kami di daerah, untuk mengampanyekan persoalan Hoaks ini secara lebih masif. Apalagi ini sudah menjelang Pemilu. Pasti banyak informasi atau berita hoaks yang beredar,” katanya.

Sejauh ini menurut Mustari, hoaks yang berkaitan dengan isu pemilu masih berhubungan dengan politik nasional.

“Untuk isu politik daerah sejauh yang kami pantau belum. Entahlah pada saat kampanye nanti. Yang pasti, ini adalah upaya kita bersama agar masyarakat mendapatkan edukasi yang tepat, agar tidak termakan hoaks,” jelasnya.

Pada saat acara talk show nanti, Mustari juga akan hadir sebagai pembicara.

Kegiatan talk show akan dibagi menjadi dua sesi, sore dan malam. Pada sesi satu, akan hadir sebagai pembicara yakni Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar, Mustari Muka S.Sos,M.A.P, Influencer, Lala Widi idy, dan Kepala Unit ICT Universitas DIPA Makassar, Erfan Hasmi.

Sementara pada sesi dua, pembicara yang akan hadir yakni Shalahuddin, S.Sos. MM, dari Relawan TIK Sulawesi Barat/Pandu Digital Indonesia, Ketua DPRD Sulawesi Barat,
Dr. Hj. ST. Suraidah Suhardi, M.Si, dan Influencer, Arif Brata.

Untuk menambah kemeriahan acara, akan ada performance dari Diana Dee, The Manakarra, Arief Batata, Cyntia Saskara dan Lala Widi.

Kegiatan ini akan dipandu oleh Eric Edmund sebagai MC, dan Dischidia Darajat sebagai Moderator.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta yang teregister akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.

(*)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...