Kodim Majene Gelar Latihan PHH Pengamanan Jelang Pilkada Serentak 2020

  • 13 Agu 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 306
Gambar Kodim Majene Gelar Latihan PHH Pengamanan Jelang   Pilkada Serentak 2020

Mapos, Majene — Mempersiapkan jajarannya dalam membackup pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Majene, jajaran TNI di Komando Distrik Militer (Kodim) 1401/Majene menggelar latihan pengamanan, Kamis (13/08/2020) di Makodim 1401/Majene, JalanJenderal Sudirman No 178 Kecamatan Banggae Timur.

Latihan Pengamanan Huru Hara (PHH) ini dipimpin oleh Komandan Kodim Majene, Letkol Inf Yudi Rombe.

Simulasi pengamanan diawali dengan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan dengan pengarahan kepada petugas yang disiagakan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga cara penanggulangan huru hara aksi demonstrasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Letkol Yudi Rombe, tujuan dilaksanakannya latihan pengamanan tersebut adalah untuk melatih kesiap-siagaan anggota dalam rangka menangani dan menanggulangi huru hara yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi.

“Kita melakukan persiapan jika saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam setiap kesempatan terutama saat pelaksanaan Pemilihan (Calon) Bupati dan wakil Bupati Majene tahun 2020,” ucap Letkol Yudi.

Dikatakan, memberi rasa aman kepada masyarakat terutama saat Pilkada merupakan salah satu tugas pokok TNI AD dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif.

Dia berharap dengan dukungan kemampuan para prajurit dan seluruh elemen terkait, maka pelaksanaan pengamanan akan terlaksana dengan baik sesuai harapan.

“Ini langkah awal dalam menyiapkan personil yang akan terlibat untuk menghadapi dan mencegah kemungkinan gangguan keamanan saat Pilkada nanti. Dalam latihan ini, kita buat simulasi dan bagaimana cara menanggulangi apabila ada hal-hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya.

Lebih jauh Yudi berharap agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada dapat memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing, agar Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, damai serta tetap kondusif sesuai dengan harapan semua pihak.

Tak lupa Ia mewanti-wanti terkait suasana Pandemi Covid-19 untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak.

“Selalu jaga keselamatan dan kesehatan rekan-rekan saat melaksanakan tugas di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

(*)