Kodim 1401/Majene Perkuat Ketahanan Pangan

Gambar Kodim 1401/Majene Perkuat Ketahanan Pangan

Mapos, Majene — Menyiasati kemungkinan krisis pangan di tengah pandemi Covid-19, jajaran TNI di Kodim 1401/Majene melakukan penanaman jagung di Desa Tubo, Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene.

Menurut Komandan Kodim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, Senin (13/07/2020) penanaman jagung pada lahan seluas 5 hektar itu bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Majene merupakan program perintah Komando Atas terkait ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Selain Dandim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, juga turut dalam kegiatan tersebut, Pasi Terdim 1401/Majene Kapten Inf Wardi, Danramil 1401-03 Sendana, Lettu Inf Muh Rusli MS, Muslimin dan Ahmad PPL Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene serta Babinsa.

Letkol Yudi Rombe dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan persediaan logistik wilayah menghadapi wabah Covid-19 yang berkepanjangan.

“Meskipun di tengah pandemi virus corona yang sedang  melanda seperti sekarang ini tentunya ketersediaan pangan harus tetap terjamin,” tegasnya.

Tujuan penanaman jagung kata dia, adalah untuk menggugah minat masyarakat, agar lahan tidur yang kosong dapat dimanfaatkan dengan baik guna mengantisipasi kelangkaan stok pangan dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Wabah virus corona yang masih saja ada mengakibatkan dampak yang cukup serius dalam perekonomian. Kebutuhan bahan pokok terus meningkat, sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi bila terjadi krisis pangan, salah satunya dengan memaksimalkan lahan yang ada menjadi lahan produktif,” ujar Yudi Rombe.

Ia berharap agar jalur koordinasi dengan seluruh instansi terus dilakukan oleh pihaknya guna meningkatkan hasil pertanian.

“Kita juga mengajak kelompok tani untuk turut serta dalam mengolah lahan. Dengan harapan, agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

(*)