Knalpot Racing Dilarang di Mamasa

Gambar Knalpot Racing Dilarang di Mamasa

Mapos, Mamasa – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Mamasa intensif melakukan upaya antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Salah satunya adalah larangan penggunaan knalpot racing.

Sejak kamis, (03/12/2019) lalu, Satlantas Polres Mamasa dipimpin langsung Kasatnya IPTU Jumanto Agung didampingi Kanit Patroli AIPTU Ahmad Khaerul, bersama beberapa anggota lalu lintas melakukan sosialisasi dengan mendatangi bengkel-bengkel yang ada di kota Mamasa dan sekitarnya. Memberikan himbauan kepada para pemilik bengkel untuk tidak melayani permintaan pelanggan untuk memasang knalpot racing.

Selain dengan himbaun langsung, mereka juga memasang stiker berisi himbauan larangan penggunaan knalpot racing. Stiker tersebut dipasang disetiap bengkel yang mereka datangi juga di tempat-tempat umum lainnya.

Menurut Jumanto Agung, penggunaan knalpot racing khususnya kendaraan roda dua, selain mengganggu orang lain. Juga  sangat rentan memicu terjadinya gesekan  antar pengguna motor di jalan raya. 

“Oleh sebab itu jauh-jauh hari kita lakukan sosialisasi ini. Karena biasanya pada malam tahun baru anak muda melampiaskan dengan memasang knalpot racing, sehingga bisa menimbulkan keributan,” katanya.

Jumanto menegaskan, jika ada masyarakat yang tetap nekat memakai knalpot racing sepanjang masa raya natal dan tahun baru, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.

Selain dalam wilayah kota Mamasa, sosialisasi yang sama juga dilakukan di kecamatan-kecamatan dan desa. Melalui koordinasi dengan seluruh Polsek dan Bhabinkamtibmas.

(anis)

Baca Juga