Ketua PWI Sulbar Serahkan Sertifikat Kompetensi Wartawan

Gambar Ketua PWI Sulbar Serahkan Sertifikat Kompetensi Wartawan

Mapos, Mamuju – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulbar Naskah M Nabhan secara resmi menyerahkan kartu dan sertifikasi hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Ruang Kenari Hotel d’Maleo, jalan Yos Sudarso No. 51 Kabupaten Mamuju.

Sebanyak 24 peserta yang dinyatakan kompeten pada uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh PWI Sulbar pada Desember 2017 lalu, telah menerima kartu dan sertifikasi kompetensi dari Dewan Pers.

Naskah mengatakan pelaksanaan UKW sejatinya di laksanakan tahun ini. Namun pihak pengurus merespon lebih cepat atas kegelisahan anggota PWI. Sehingga pelaksanaan UKW dapat dilaksanakan Desember tahun lalu.

”Alhamdulilah, PWI Sulbar termasuk peserta yang tertinggi tingkat kelulusannya di Indonesia,” ujarnya. Sabtu (14/07/2018).

PWI menurut Naskah telah melaksanakan program kerja secara organisasi. Salah satunya Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Naskah menegaskan, PWI sangat mendorong UKW dengan lahirnya piagam Palembang. Itu artinya kata Naskah PWI sangat memperhatikan kompetensi dan kualitas wartawan khususnya anggota PWI.

“Jadi kita tidak perlu berdebat soal UKW. Silahkan kita jalan masing-masing dan tidak mengurusi organisasi lain,” kata Naskah.

Naskah menjelaskan, kegiatan UKW merupakan kecakapan yang harus laksanakan dan dimiliki oleh wartawan Indonesia.

Sedangkan UKW adalah salah satu persyaratan yang harus diikuti oleh wartawan yang ingin menjadi anggota PWI.

“Sesuai peraturan Dewan Pers, bahwa wartawan harus disetandarisasi dengan mengikuti uji kompetensi kewartawanan, untuk mengingkatkan profesionalisme wartawan,” kata Naskah.

Ia juga menghimbau, agar wartawan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

“Saya berharap wartawan Indonesia khususnya yang tergabung dalam PWI di Sulawesi Barat ini, akan semakin baik dan profesional dengan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik,” ungkapnya.

(usman)

Baca Juga