Ketua KNPI Majene : Pemuda Harus Ambil Bagian dalam Pembangunan

0
75

Ketua DPD II KNPI Majene, Muhammad Risal Faryal (kanan) bersama Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji (kiri)

Mapos, Majene — Sebagai generasi muda pelanjut estafet kepemimpinan, pemuda harus lebih banyak berperan dalam membangun negara dan bangsa.

Hal ini ditegaskan Ketua DPD II KNPI Kabupaten Majene, Muhammad Risal Faryal usai menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Masamba, Kamis (23/07/2020) kemarin.

Dikatakan, dalam momentum hari lahir KNPI ke 47 yang bertepatan tanggal 23 Juli 2020, peran pemuda sangat diharapkan dalam pembangunan.

“Pemuda diharap menjadi bagian dari pembangunan dan dapat bekolaborasi dengan pemerintah,” katanya.

Apalagi kata dia, Kabupaten Majene sebagai ikon Kota Pendidikan di Sulbar, tentu pemuda dari berbagai elemen dan akademisi seharusnya memberi sumbang saran kepada pemerintah tentang rencana maupun aplikasi pembangunan daerah.

“Kita harus menghargai program yang sudah direncanakan pemerintah, termasuk saat menyusun RTRW maupun RPJMD dan RPJPD,” sebut Risal.

Menurutnya, dalam menetapkan RTRW dalam wilayah, pelibatan berbagai pihak termasuk akademisi selalu dilakukan untuk memvalidasi kajian yang dibuat.

“Jika ada kejanggalan dalam aplikasi pembangunan, jangan langsung dikritik. Beri solusi dengan cara-cara elegan berdasarkan analisis yang dapat diterima berbagai pihak. Biasanya, yang timbul adalah karena faktor ego sehingga kita melakukan kritikan tanpa memberi solusi,” aku aktivis yang lama berkecimpung di organisasi kemahasiswaan ini.

Melalui momentum HUT KNPI ke 47 ini, Ia mengajak seleuruh elemen pemuda dan masyarakat banyak untuk turut menghargai apa yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Mari kita hargai apa yang dilakukan oleh pemerintah dan beri mereka solusi jika ada yang dianggap keliru. Dengan demikian berarti kita telah menjadi bagian anak bangsa yang punya kontribusi dalam membangun negara yang kita cintai,” kuncinya.

(ipunk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.