Kepala Bidang Ketenagalistrikan ESDM Sulbar Harap Pemkab Usulkan Program LHM pada Rakortekrenbang Sulbar 2024

Mapos, Mamuju — Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Qomaruddin Kamil (Rury) menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Sulbar 2024 yang digelar Bapperida Sulbar di Grand Maleo Hotel Mamuju, Rabu 20 Maret 2024.

Disela-sela kegiatan, Rury menjelaskan bahwa Bidang Ketenagalistrikan memiliki Program Kegiatan Listrik Hemat dan Murah (LHM) atau listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang mendukung prioritas nasional, seperti pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, ekonomi, dan ekologi serta program prioritas Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di Sulbar.

“Program LHM ini bertujuan untuk memberikan bantuan listrik gratis kepada masyarakat, mengingat Sulbar untuk mengurangi tingkat kemiskinan di provinsi ini yang mencapai 11,49 persen (164,14 ribu jiwa) dan melebihi rata-rata nasional sebesar 9,36 persen (BPS, Maret 2023),” ungkap Rury.

Rury berharap pemerintah kabupaten (pemkab) bersama-sama dengan Dinas ESDM Sulbar aktif memberikan informasi kepada masyarakat di wilayah masing-masing dan mengusulkan program LHM tersebut untuk diusulkan pada Rakortekrenbang itu.

“Kami melaksanakan program LHM setiap tahun dengan tujuan membantu masyarakat kurang mampu agar dapat menikmati akses listrik PLN yang handal. Salah satu tantangan yang kami hadapi adalah keterbatasan anggaran untuk program LHM ini. Oleh karena itu, kami juga meneruskan usulan-usulan yang kami terima kepada Kementerian ESDM agar dapat dimasukkan ke dalam program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) guna mendapatkan dukungan lebih lanjut,” ungkap Rury.

Pada kesempatan tersebut, juga hadir Sekretaris Dinas ESDM Sulbar Iwan Nugraha, Pejabat Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Muda Farid Asyhadi, Pejabat Fungsional Perencana Ahli Muda Abd Syukur, Penelaah Teknis Kebijakan Andi Hasrul B.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...