Kapolda Sulbar: Polwan Harus Tangguh

  • 3 Sep 2019
  • Mamuju
  • Sudirman Al Bukhori
  • 185
Gambar Kapolda Sulbar: Polwan Harus Tangguh

Mapos, Mamuju – Di acara syukuran HUT Polisi Wanita (Polwan) ke 71, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar berharap Polwan harus lebih tangguh menghadapi tantangan tugas.

“Kedepan para Polwan diharapkan bisa lebih tangguh dan mampu membawa harum nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebankan kepadanya,” sebut Jenderal Bintang satu ini, Selasa (3/9/2019).

Kapolda juga mengajak seluruh Polwan di seluruh jajaran Polda Sulbar untuk bersama-sama membangun citra Polri.

Sementara itu, dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolda disebutkan bahwa peringatan Hari Jadi Polwan menjadi momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, latar belakang pembentukan Polwan adalah kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran petugas keamanan berjenis kelamin wanita.

Mereka dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akibat Agresi Militer Belanda I tahun 1947. Pada perkembangannya, enam orang Polwan pertama, sekaligus enam wanita ABRI pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan wilayah pedalaman.

Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya, hal tersebut selaras dengan tema peringatan Hari Jadi ke-71 Polwan tahun 2019, yaitu Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polwan untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Saya menyadari bahwa Polwan mengemban peran yang sangat kompleks, sebagai anggota Polri dalam kehidupan kedinasan, istri dan ibu bagi anak-anak dalam kehidupan keluarga, serta warga masyarakat dalam kehidupan sosial. Berbekal kedewasaan dan kematangan yang dimiliki, saya yakin hal tersebut tidak akan menjadi hambatan. Sebaliknya, justru menjadi kekuatan yang mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Oleh karena itu, agar kinerja dan prestasi Polwan dapat terus tercapai secara lebih optimal, saya mendorong para Polwan untuk terus mengembangkan diri. Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Raih kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara maksimal. Dengan demikian, para Polwan dapat terus berkarya dan berprestasi, serta mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Sementara, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj Mashura menyebutkan, kegiatan syukuran Hari Jadi Polwan diselenggarakan di Aula Arya Guna Mapolda ini dan dihadiri oleh para pejabat utama, Bhayangkari dan 115 Polwan se-Sulbar.

“Acara syukuran tersebut juga diwarnai dan dimeriahkan dengan peragaan beladiri Polwan, pemotongan tumpeng dan kegiatan hiburan lainnya,” tutupnya.

(*)

Baca Juga