Kabupaten Majene Tercepat Realisasikan Salur BLT DD

  • 22 Mei 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 281
Gambar Kabupaten Majene Tercepat Realisasikan Salur BLT DD

Mapos, Majene — Satu lagi langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Majene yang patut diacungi jempol, karena bardasarkan laporan progres percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Sulawesi Barat ke Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Majene menduduki peringkat pertama.

Data yang diperoleh redaksi Mamujupos, Jum’at (22/05/2020), hingga hari ini masih ada tiga kabupaten di Sulbar yang belum 100 persen menyalurkan BLT sumber DD yaitu, Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Polman.

Bahkan target salur yang belum terealisasi pada laporan progres capaian salur BLT DD per 21 Mei 2020 kemarin di Kabupaten Mamasa sebanyak 123 desa, Kabupaten Mamuju Tengah 16 desa dan Kabupaten Polman 84 desa.

Jika diakumulasi secara keseluruhan, jumlah desa sudah pendataan di Sulbar sebanyak 567 desa. Jumlah desa yang sudah Musdesus sebanyak 549 desa dan jumlah desa sudah salur BLT-DD sebanyak 247 desa dengan jumlah KK penerima manfaat 30.298 KK

Sedangkan nilai Pagu BLT-DD tersalur Rp18.199.800.000,- dan capaian realisasi penyaluran 42,96 persen.

Diketahui, penyaluran BLT DD atas 62 desa ditambah 20 kelurahan di Kabupaten Majene sudah tereaslisasi 100 persen sejak pekan lalu.

“Bahkan, laporan pemerintah desa ke kami, mereka sudah memvalidasi data calon penerima untuk tahap dua,” sebut Bupati Majene Fahmi belum lama ini.

“Mudah-mudaham tidak ada kendala di lapangan dan saya megapresiasi masyarakat kita yang mengembalikan BLT nya karena sudah menerima bantuan serupa dari pemerintah. Artinya, dengan demikian akan bermanfaat bagi masyarakat lain yang memang sangat membutuhkan,” imbuhnya.

(*)