Isu Gempa Lebih Besar di Mamuju-Majene adalah Hoax

0
1094

Mapos, Mamuju — Beredar isu melalui group WA, oleh BMKG Pusat dan BNPB Pusat dalam rapat yang dihadiri oleh pihak terkait dan insan pers bahwa gempa susulan berpotensi lebih besar disertai tsunami dan likuifaksi, warga Mamuju-Majene dan sekitarnya panik.

Mereka berencana memilih meninggalkan daerah Mamuju dan sekitarnya untuk menyelamatkan diri.

Menurut salah seorang warga Mamuju, Amar, semua keluarganya akan berangkat meninggalkan Kota Mamuju tujuan Pare-pare atau Makassar lantaran mendapat kabar akan ada gempa susulan lebih besar dan berpotensi tsunami serta likuifaksi.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

“Saya punya anak bayi soalnya. Kalau tidak, mungkin saya bertahan,” akunya, Minggu (17/01/2021).

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Sulbar, Safaruddin membantah isu itu. Kata dia, oleh Kepala BMKG dalam rapat Sabtu malam tadi meminta agar pemerintah mengungsikan warga ke tempat yang lebih tinggi dan hindari mengungsi di dalam bangunan. Karena menurutnya, kemungkinan akan terjadi gempa susulan yang setara dengan 6,2 kemarin, karena pelepasan energi gempa belum semua dilepaskan.

“Saya kira pernyataan kepala BMKG tadi malam sudah sangat jelas saat memberi laporan ke Kepala BNPB. Soal target gempa 7.0 Megnitudo itu hanya perkiraan awal BMKG dengan melihat histori sejarah gempa sebelumnya yang mana tahun 69 itu gempa 6,9 magnitudo, kemudian tahun 84 gempa magnitudo 7,0,” jelas Safaruddin.

Ia minta kepada warga Mamuju – Majene agar tidak panik dan termakan hoax atas isu gempa serta mengkaji informasi yang belum tentu kebenarannya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.