Ironi, Musibah Kebakaran di Pamboang Hanya Satu Damkar Milik Pemda Majene yang Beroperasi

  • 14 Feb 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 781
Gambar Ironi, Musibah Kebakaran di Pamboang Hanya Satu Damkar Milik Pemda Majene yang Beroperasi

Mapos, Majene — Peristiwa Kebakaran yang terjadi di sekitar Pasar Pamboang, Kecamatan Pamboang, Jum’at (14/02/2020) pagi tadi menyisakan kisah ironi. Betapa tidak, nampak hanya satu unit Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemda Majene yang beroperasi.

Diketahui sejak beberapa tahun terakhir, setiap terjadi musibah kebakaran di Kabupaten Majene, tak sedikit masyarakat mengolok-olok Damkar yang selalu kewalahan mengatasi bencana kebakaran.

“Seandainya tidak dibantu Damkar dari Kabupaten Polman sebanyak dua unit dan water canon dari Polres Majene, entah apa yang terjadi Pak. Api bisa meluas,” sebut salah seorang warga di tempat kejadian bernama Rahmat.

Sementara sumber lain yang enggan disebutkan mengatakan, semua Damkar milik Pemda Majene tidak bisa beroperasi karena sudah termakan usia.

“Yang tersisa hanya satu unit saja. Itu pun sudah sangat tua,” ucap sumber yang enggan disebutkan.

Menurutnya, personel Damkar kerap malu dipermalukan oleh warga lantaran selalu kewalahan mengatasi sumber api jika terjadi musibah kebakaran.

“Kami sering meminta supaya pemerintah daerah mengadakan Damkar. Bila perlu disiagakan di setiap kecamatan. Tapi tidak pernah direspon. Malah, memilih membeli mobil dinas untuk Kabag,” sesal sumber.

Sementara peristiwa kebakaran di sekitar Pasar Pamboang pagi tadi menghanguskan enam rumah warga, sedangkan satu lainnya rusak parah.

Kobaran api yang bersumber dari rumah kosong dan diduga akibat hubungan arus pendek itu mulai pukul 09.30 Wita dan berhasil dikuasai dua jam atau sekitar pukul 12.30 Wita dengan bantuan dua unit Damkar dari Pemkab Polman ditambah satu unit water canon dari Polres Majene.

(ipunk)