Ini Prioritas Pembangunan Mateng Tahun 2019

Adventorial

Mapos, Topoyo – Tema pembangunan tahun 2019 sesuai dengan arah kebijakan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Akselerasi pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemantapan fungsi infrastruktur dasar.

Hal tersebut di sampaikan oleh Asisten Bidang Pembangunan Skretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mateng, Yusuf Unja dalam pembukaan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Karossa yang dipusatkan di Desa Karossa, Kecamatan Karossa, Senin (12/3/2018).

Penandatangnan dokumen

Hadir dalam Musrembang tersebut, Asisten Bidang Pembangunan Yusuf Unja, Wakil Ketua DPRD Hasanuddin Sailon dan Anggota DPRD Anwar Launma, Asisten Bidang Pemerintahan Ishaq Yunus, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah, Perwakilan Polsek Karossa, Camat Karossa Hj. Nahda, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta tokoh pemuda.

Dalam sambutan tertulis Bupati Mateng yang dibacakan oleh Asisten Bidang pembamgunan, Yusuf Unja menyampaikan, walaupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mateng mengalami peningkatan, tetapi masih sangat kecil dibandingkan penerimaan dana perimbangan. Sehingga perencanaan pembangunan Kabupaten Mamuju Tengah, mau tidak mau harus didasarkan skala prioritas.

Lanjutnya, pelaksanaan pembangunan pada tahun 2019 diprioritaskan kepada, pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis kawasan agropolitan dan sistem agribisnis. Pembangunan infrastruktur dasar penunjang kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan kebudayaan daerah. Penataan pemerintah desa dan pemberdayaan masyarakat. Penataan ruang dan pengelolaan lingkungan.

“Perlu kita ingat, APBD kita terbatas tidak semua dapat dibiayai dari APBD Kabupaten Mateng. Oleh karena itu, peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah harus di tingkatkan,” ujar Yusuf Unja.

Meskipun demikian kata Yusuf Unja, tetap juga akan menyandingkan keberlanjutan pembangunan kantor Bupati Mateng, pembebasan kawasan perkantoran dengan harapan untuk meningkat pelayanan kepada masyarakat. Karena jika infrastruktur baik, itu akan mampu menunjang pelayanan kepada masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *