Ini Harapan Ketua PWI Sumbar

  • 8 Feb 2018
  • Nasional
  • R Fajar Soenoe
  • 259

Laporan Langsung dari Padang Sumatera Barat :

R Fajaruddin Soenoe (Wapemred Mamujupos.com)

 

Mapos, Padang – Pentingnya peran media massa untuk menangkal berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaxs.

“Media harus mampu menjadi garda terdepan dalam memberantas berita bahkan isu maupun wacana yang tidak benar yang beredar di tengah masyarakat atau melalui media sosial. HPN 2018 menurut kami adalah momen yang tepat untuk memantapkan peran media menangkal hoaxs tersebut,” ungkap Ketua PWI Sumatera Barat, Heranof Firdaus dalam sambutannya.

Dirinya juga mengucapkan seIamat datang kepada para undangan ke Ranah Minang.

Lebih jauh kata Heranof, pelaksanaan HPN sudah menjadi agenda tahunan insan jurnaIis di Tanah Air tentu sudah memberi dampak positif dalam melakukan perubahan dan perbaikan bagi kalangan jurnalis dalam membangun dan memantapkan integritas.

ApaIagi dengan kemajuan teknologi sekarang dan makin menjamurnya media sosial yang memicu beredarnya kabar-kabar paIsu yang dapat menyesatkan masyarakat akan informasi ada di dalamnya dan sulit untuk dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu, salah satu peran penting yang dapat disamakan persepsi dan tekad terutama insan jurnaIis untuk memerangi hoaxs, sehingga tidak merusak tatanan masyarakat bahkan kondisi bangsa yang kita cintai ini.

Pentingnya peran media massa untuk menangkal berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaxs. Media harus mampu menjadi garda terdepan dalam memberantas berita bahkan isu dan wacana yang tidak benar yang beredar di tengah masyarakat maupun melalui media sosial. “HPN 2018 menurut kami momen yang tepat untuk memantapkan peran media menangkal hoaxs tersebut,” ujar Heranof.

Masyarakat juga mendapatkan multI-manfaat dari kegiatan HPN karena dalam rangkaian penyelenggaraan melibatkan banyak pihak.

Dampak yang bisa dirasakan tentu dapat menggerakkan roda pembangunan di daerah sebagai tuan rumah pada HPN 2018.

“Sumbar dipercaya menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan patut kami syukuri dan apresiasi, karena banyak daerah yang ingin menjadi tuan rumah dalam perhelatan tahunan insan pers ini,” kata Heranof.

Momentum penyelenggaraan HPN kaIi ini, Iaksana membangkit batang taradam karena pada puluhan tahun silam, Sumbar juga pernah menjadi tuan rumah dalam peringatan hari pers, bahkan di kala itu, pelaksanaan HPN 2018 dibagi atas tiga segmen waktu yaitu pra HPN, pekan HPN dan puncak HPN. Saat ini dalam masa pra -HPN sudah banyak OPD yang menggelar kegiatan untuk memeriahkan acara nasional insan pers. Acara ini harus sukses karena menyangkut nama daerah.

Dia berharap pelaksanaan HPN 2018 dapat mengangkat citra Padang dan Sumatera menjadi Iebih baik lagi.

“Besar harapan kepada rekan-rekan jurnalis di Bumi Pertiwi yang hadir di Ranah Minang agar menulis keelokan dan keindahan pesona wisata dan kelezatan kuliner yang dinikmati. Kemudian berikan masukan kepada kami untuk perbaikan dalam berbagai haI terhadap sektor kepariwisataan dan termasuk dalam penyelenggaraan,” harapnya.

HPN 2018 dihadiri oleh masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta. Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI). dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

(***)

Baca Juga