Hera Kenalkan Lagu Tenggang-tenggang Lopi dan Kain Saqbe Mandar ke Malaysia

Gambar Hera Kenalkan Lagu Tenggang-tenggang Lopi dan Kain Saqbe Mandar ke Malaysia

Mapos, Mamuju – Patut diapresiasi, wanita muda asal Polman, Sulbar ini berhasil mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Barat di mancanegara.

Dia adalah Hera Davita Pasa, gadis berusia 23 tahun ini terpilih menjadi Duta Pemuda Sulawesi Barat.

Bahkan Hera sapaan akrab dari Hera Davita Pasa baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai Duta Bangsa pada program Pertukaran Pemuda Antar Negara, Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP).

Saat berkunjung ke Mamuju pada 28 September 2019 kemarin, Hera tiba di Bandara Tampa Padang. Kedatangan Duta Sulbar ini dijemput dan disambut oleh pengurus PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) Sulawesi Barat sebagai organisasi alumni program.

Kedatangan Hera ke Mamuju disamping ingin mendedikasikan ilmunya kepada generasi muda, ia juga turut berbagi pengalaman.

Hera bercerita, selama mengikuti IMYEP 2019 yang terdiri dari dua fase, yaitu, Fase Indonesia 6-15 September dan Fase Malaysia 15-24 September 2019. Program ini bertemakan “Cultural Heritage and Creative Economy” dengan kegiatan yang dilakukan lebih banyak berhubungan dengan budaya, sejarah, dan ekonomi kreatif untuk mendorong delegasi dalam meningkatkan kreativitas mereka dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Setiap delegasi Indonesia dipasangkan dengan delegasi Malaysia untuk mempermudah merekatkan hubungan dua Negara, sebab program ini bertujuan untuk mempertahankan hubungan baik Indonesia-Malaysia dan memperat hubungan bilateral dua Negara melalui duta-duta Bangsa pemuda dan belia.

Hera Davita Pasa

Selama program, para delegasi melakukan banyak kunjungan dan kegiatan-kegiatan yang menambah pengetahuan delegasi perihal Indonesia dan Malaysia serta hal-hal seperti apa yang patut untuk diapresiasi dari Negara masing-masing.

Pada akhir program, delegasi Indonesia menampilkan tarian dan nyanyian pada malam kebudayaan di Sepang, Malaysia. Termasuk lagu Tenggang-tenggang Lopi, lagu daerah asal Sulawesi Barat yang masuk dalam medley Nusantara.

Bagi Hera, dia bukan hanya baru menyelesaikan tugas kenegaraan sebagai seorang duta bangsa, tetapi dia baru saja membangun sebuah ikatan kekeluargaan antara dirinya dan delegasi Indonesia dan juga delegasi Malaysia.

Hubungan kekeluargaan yang sangat erat dan dalam, yang tidak akan terkikis oleh waktu ataupun jarak. pemuda dan belia, bersatu untuk maju.

Sementara itu, Ketua Purna Caraka Muda Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Amriadi Muhdar menyampaikan bahwa program yang diikuti Hera adalah program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang setiap tahunnya mengadakan seleksi di tingkat provinsi untuk memilih delegasi Indonesia pada Pertukaran Pemuda Antarnegara.

Untuk itu, Amriadi berharap agar pemuda Sulawesi Barat tidak melewatkan kesempatan sekali seumur hidup ini sebagai Duta Bangsa.

“Semua orang bisa travel ke luar negeri berkali-kali, namun tidak semua orang berkesempatan ke luar negeri sebagai Duta Bangsa,” ucapya.

(usman)

Baca Juga