Hasil Survei LKPI: Prabowo-Sandi 58.10 Persen, Jokowi-Ma’ruf 40,90 Persen

Gambar Hasil Survei LKPI: Prabowo-Sandi 58.10 Persen, Jokowi-Ma’ruf 40,90 Persen Direktur Eksekutif LKPI Tubagus Alvin saat memaparkan hasil survey terkait elektabilitas kedua paslon di Pilpres 2019.

Mapos, Jakarta – Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) memaparkan hasil survei yang baru saja dilakukannya terkait persentase pemilih dalam Pemilu Presiden 2019.

Dalam hal ini, Direktur Eksekutif LKPI Tubagus Alvin menyatakan bahwa berdasarkan hasil survei tersebut menyatakan bahwa paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terpilih sebagai presiden baru RI periode 2019-2024.

“Kita cukup agak terkejut, karena perbedaannya itu sampai di belasan persen,” ujar Alvin di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat pada Jum’at (5/4/2019), seperti dikutip dari akurat.co.

Lebih lanjut, dalam hasil survei yang dilakukan terhadap 2426 responden tersebut menyatakan bahwa tingkat elektabilitas paslon Prabowo-Sandi mendapat 58,10 persen sedangkan paslon Jokowi-Ma’ruf hanya mendapat 40,90 persen suara, sementara 1 persen sisanya menyatakan tidak memilih.

Alvin menuturkan bahwa salah satu indikator kalahnya paslon Jokowi-Ma’ruf justru berkaitan dalam penegakkan hukum dalam kasus korupsi yang selama ini tak tebang pilih.

“Presiden Joko Widodo ini sangat bagus dalam memberantas korupsi artinya dia tidak memihak, tidak tebang pilih. Tapi disini justru ada asumsi bahwasanya yang terkena korupsi adalah orang yang di lingkaran presiden,” kata Alvin.

Namun demikian, Alvin menegaskan bahwa hasil survei ini masih sangat dinamis, mengingat gelaran pilpres masih ada 12 hari lagi untuk sampai di tanggal 17 April 2019. Sehingga, kemungkinan adanya perubahan persentase pemilih bisa saja terjadi menjelang hari pencoblosan.

“Ini masih sangat dinamis, tergantung kebijakan-kebijakan apa yang akan diambil pak Jokowi kedepan,” tandasnya.

(*)

Baca Juga